spot_imgspot_img

10 Ribu Benih Ikan Nila Hitam Disebar di Kolam Wisata Desa Kesambi

KUDUS,suaramuria.com – Ribuan ekor benih ikan nila hitam memperkaya habitat ikan di  Kolam Balong Sangkal Putung Desa Kesambi, Mejobo. Bupati Kudus menebar sebanyak 10 ribu benih ikan nila hitam di kolam wisata milik desa itu.

Kolam Balong menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).

Bupati Kudus Hartopo bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), mitra BPBD, menebar 10 ribu benih ikan nila hitam di Kolam Balong, Jumat (28/7).

Pihaknya menyatakan, benih ikan ini sebagai stimulan untuk pemulihan ekonomi pascabencana.

BACA JUGA : Kementerian KKP Kunjungi Puspita Sentra Penjualan Produk Olahan Ikan di Rembang 

“Bantuan benih ikan nila ini untuk pemulihan bencana setelah bencana banjir beberapa waktu lalu,” katanya.

Usai ditebar, Hartopo mendorong masyarakat untuk memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya. Benih yang telah ditebar harus dibudidayakan terlebih dahulu sebelum diambil untuk dikonsumsi.

“Setelah ini jangan langsung diambil ya ikannya. Ditunggu dulu paling tidak enam bulan lagi, baru boleh diambil,” terangnya.

Melihat potensi wisata yang besar, Hartopo meminta Pemerintah Desa Kesambi proaktif mengembangkan Kolam Balong. Ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menambah embung di sekitar lokasi kolam. Sehingga, lahan bisa lebih produktif.

“Lahan di sini ini kan lahan tidur. Nantinya kalau ada embung saya harap ada pengembangan lebih luas lagi untuk wisata,” terangnya.

Wisata Edukasi

Sementara itu, Kepala Desa Kesambi Mochamad Masri menyatakan memiliki masterplan kawasan Kolam Balong menjadi wisata edukasi. Masri merancang adanya playground dan agrowisata untuk menambah PADes. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus.

“Kami sudah ada masterplan. Untuk realisasinya akan kami koordinasikan dengan Disbudpar,” terangnya.

Kepala BPBD Kudus Mundir menjelaskan benih nila diberikan sebagai pemulihan bencana banjir. Sebelumnya, bantuan lewat Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan berupa benih ikan juga telah diserahkan kepada Pemerintah Desa Payaman.

“Bantuan ini dari CSR perusahaan yang diberikan ke Pemdes Kesambi. Beberapa waktu lalu juga ada bantuan benih ikan nila untuk Pemdes Payaman,” ucapnya.

Penebaran benih ikan nila juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Didik Tri Prasetiyo serta Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat sebagai pengelola juga hadir. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts