spot_imgspot_img

17 Desa di Kudus Terendam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

KUDUS,suaramuria.com – Banjir terus meluas di Kabupaten Kudus. Hingga Minggu (1/1) sore. Sebanyak 17 desa di Kudus terendam banjir. Desa sebanyak itu tersebar di empat kecamatan.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus menyebutkan, sebanyak 21.421 jiwa terdampak banjir. Dari jumlah itu, sebanyak 495 jiwa dievakuasi ke tempat pengungsian.

Sisanya masih bertahan di rumahnya yang terendam banjir.

BACA JUGA : Nekat Cari Ikan di Areal Banjir, 3 Orang Tenggelam

Sebanyak 12 lokasi pengungsian mulai penuh menampung para pengungsi banjir di Kudus.

Kepala Desa Jati Wetan Agus Susanto mengatakan, sebanyak 233 warga telah mengungsi ke aula kantor desa hingga Minggu sore.

“Selain bahan makanan, kami juga menyiapkan ranjang untuk lansia, obat-obatan, tim medis, hingga susu untuk para balita. Hanya saja karena jumlah pengungsi terus bertambah, kami mulai kekurangan logistik,” katanya, Minggu (1/1).

Agus menambahkan, setiap hari pihaknya menyiapkan 2.500 bungkus makanan. Selain untuk memenuhi kebutuhan pengungsi, makanan juga dikirimkan ke warga yang masih bertahan di rumahnya.

Logistik Menipis

“Logistik kami menipis. Kebutuhan harian kami sedikitnya 250 kilogram beras dan lauk-pauknya setiap hari. Untuk hari ini (kemarin – Red) masih cukup. Pemkab juga sudah mengirimkan bantuan tetapi belum memenuhi kebutuhan setiap hari. Untuk besok (hari ini – Red) kami masih kekurangan,” katanya.

Ia mengatakan, tiga dusun Gendok, Barisan, dan Tanggulangin di Desa Jati Wetan masih terendam banjir hingga ketinggian 130-an centimeter. Melihat cuaca yang masih turun hujan, ia memperkirakan banjir akan meluas di wilayahnya.

Sementara itu, sebanyak 17 desa di Kabupaten Kudus masih terendam air. Desa-desa terdampak banjir tersebar di Desa Setrokalangan, Kedungdowo, dan Banget, Kecamatan Kaliwungu, Desa Jati Wetan, Tanjung Karang, Jetis Kapuan, di Kecamatan Jati.

Di Kecamatan Mejobo desa yang terdampak banjir yakni Desa Temulus, Mejobo, Payaman, Gulang, Hadiwarno, Kesambi, Kirig, Sisanya tersebar di Kecamatan Undaan yakni Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, dan Wates. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts