spot_imgspot_img

25 Desa di Kudus Raih Penghargaan Kemendes PDTT

KUDUS,suaramuria.com – Sebanyak 25 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Kudus mendapatkan sertifikat penghargaan desa mandiri Kementerian Desa PDTT. Penghargaan dari Kemendes PDTT itu diserahkan Bupati Kudus Hartopo di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (27/12).

Bupati Hartopo berharap penyerahan piagam dan pin ini bisa memberikan semangat dan menggugah kesadaran desa-desa lain untuk dapat membawa kemajuan di desanya menjadi desa mandiri.

Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT untuk 25 desa pada 8 kecamatan di Kabupaten Kudus berdasarkan penilaian Indeks Desa Membangun.

BACA JUGA : Seleksi Perangkat Desa di Kudus Ditunda, Ini Pemicunya

Pada kesempatan itu, Hartopo  juga menekankan pemerintah desa untuk lebih optimal melaksanakan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan terkait keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, permasalahan sengketa informasi dapat terjadi karena pemerintah desa belum optimal melaksanakan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan terkait keterbukaan informasi publik.

“Untuk itu, desa wajib menetapkan Peraturan Desa tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta menunjuk dan menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),” katanya.

Hartopo ingin di Kabupaten Kudus semakin banyak desa mandiri sehingga dapat menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya. Dirinya mengimbau bagi desa yang belum terpilih menjadi desa mandiri agar terus berupaya lebih untuk mengembangkan kembali desanya.

“Semakin banyak desa mandiri di Kabupaten Kudus tentu akan berpengaruh postif bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kudus. Semoga desa mandiri dapat menjadi pilot project untuk desa-desa lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD, Adi Sadhono menginginkan adanya semangat dan perubahan terhadap kesadaran desa lain agar dapat mendorong kemajuan desanya menjadi desa mandiri.

“Semoga ada semangat untuk mengubah kesadaran desa lainnya untuk mendorong kemajuan desanya menjadi desa mandiri,” ungkapnya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts