spot_imgspot_img

Ahli Gizi di Rembang Kampanyekan Kesadaran Gizi dan Lingkungan

Rembang, lasem.id – Dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024 dengan tema ‘MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting’, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kabupaten Rembang melakukan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan tersebut untuk mengkampanyekan kesadaran gizi dan lingkungan.

Kegiatan tersebut mencakup Aksi Bersih Pantai di Pantai Dasun, Lasem, pada Sabtu (27/01) dan Roadshow Gizi di Alun-alun Rembang pada Minggu (28/01).

Pantai Dasun menjadi lokasi Aksi Bersih Pantai yang dilaksanakan oleh PERSAGI Rembang. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan menjaga kebersihan pantai tetapi juga mengkampanyekan konsumsi makanan sumber protein hewani khususnya ikan.

Siti Rofiatun, S.Gz, Ketua Persagi DPC Rembangberharap kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Dasun melalui promosi pariwisata. Dan pada gilirannya menurunkan tingkat stunting di daerah tersebut.

Aksi bersih pantai di Pantai Dasun ini harapannya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Dasun melalui pengenalan pantai Dasun ke masyarakat luas. Dengan meningkatnya ekonomi masyarakat juga akan meningkatkan status gizi terutama penurunan stunting yang ada di Desa Dasun“ ujar Siti Rofiatun, S.Gz, Ketua Persagi DPC Rembang.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo, menyambut baik upaya Persagi Rembang dan berharap Pantai Dasun semakin diposisikan sebagai objek wisata pantai yang memajukan perekonomian lokal.

Roadshow Gizi, Edukasi dan Pemberian Makanan Tambahan

Pada Roadshow Gizi di Alun-alun Rembang, Persagi DPC Rembang memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya ibu balita, tentang pentingnya makanan bergizi dan pengasuhan yang baik sebagai langkah pencegahan stunting.

Kegiatan ini melibatkan skrining antropometri, konsultasi gizi, dan pembagian makanan tambahan kaya protein hewani seperti nugget ikan dan puding telur.

Roadshow Gizi di Alun-alun Rembang, Edukasi dan Pemberian Makanan Tambahan
Roadshow Gizi di Alun-alun Rembang, Edukasi dan Pemberian Makanan Tambahan

Ali Mahfudhin, S.Gz, Ketua Pelaksana Kegiatan, menyatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional tahun ini.

Ia juga menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memahami kebutuhan gizi anak dan menerapkannya di rumah.

Masyarakat merespons antusias terhadap kegiatan ini, dengan lebih dari 65 anak berpartisipasi. Maya, salah seorang warga menyampaikan harapan agar kegiatan semacam ini dapat berkelanjutan, memberikan edukasi secara berkala.

Semoga (kegiatan seperti ini) ada berkelanjutan. Siapa tau minimal bisa setengah tahun sekali atau gimana gitu biar edukasi ke masyarakat juga dapet sih. Terus juga di area bermain kayak gini itu jadi tambah semangat gitu,” ungkapnya

Selain dua kegiatan ini, bulan Februari akan melibatkan kegiatan kelas balita dan ibu hamil di puskesmas. Acara bakti sosial pada akhir bulan Februari akan menutup rangkaian Hari Gizi tingkat Kabupaten Rembang.

Dengan serangkaian kegiatan ini, Persagi DPC Rembang berupaya meningkatkan kesadaran gizi masyarakat, mengedukasi pentingnya pencegahan stunting, dan mendukung perekonomian lokal melalui promosi pariwisata.

Semua ini merupakan langkah konkrit dalam merayakan Hari Gizi Nasional untuk mencapai masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. (rd/red)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts