spot_imgspot_img

Aplikasi Saka Instan Siswa Salafiyah Pati Raih Juara Internasional

PATI,suaramuria.com – Aplikasi Saka Instan karya dua siswa Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen Kabupaten Pati sukses meraih penghargaan internasional.

Menariknya, aplikasi besutan Dalla Noor Khoirussalaman dan Irkham Shaifi Cahyo Sasono sudah dilengkapi artificial intellegence (AI) atau sistem kecerdasan buatan. Dalla menuturkan, aplikasi ini dibuat seiring maraknya jasa pesan antar makanan via online.

Saja Instan berhasil meraih prestasi di ajang bergengsi World Innovative Science Project Olympiad (WISPO) pada Sabtu – Minggu (17-18/12).

BACA JUGA : Aplikasi Sipandu Makara Wadahi Lulusan SMK Pencari Kerja

“Aplikasi ini kami buat untuk mengurangi antrian dan lama waktu pemesanan makanan. Banyak waktu yang terbuang saat antre makanan, sementara jam istirahat sangat terbatas,” kata Dalla.

Apikasi itu menyabet silver medal pada kompetisi yang diikuti oleh peserta dari 22 negara. Selain Indonesia, para peserta juga datang dari Malaysia, Vietnam, Kazakhstan, Thailand, hingga Armenia.

“Keunggulan aplikasi ini juga mampu merekomendasikan toko atau kantin perihal rambu-rambu dan masukan berdasarkan analisa dari transaksi penjualan di hari-hari sebelumnya,” kata Mokh Ikhwan, guru pembimbing kedua siswa tersebut.

Masrukhan selaku kepala Madrasah mengaku bangga dengan prestasi siswanya itu. Ia juga memberikan apresiasi khusus bagi para guru pembimbing yang sudah berhasil mendampingi para siswa.

Ia berharap prestasi itu bisa menjadi motivasi para siswa lainnya.

“Kami mengapresasi proses dan hasil yang mereka raih untuk madrasah ini. Semoga ini menjadi motivasi bagi siswa lainnya agar juga bisa berprestasi,” katanya.

Selain kedua siswa tersebut, Ulil Albab dan Asrina Citra Hidayah yang juga siswa MA Salafiyah Kajen juga mendapatkan Bronze Medal di ajang tersebut. Mereka meraih prestasi lewat penelitian Saka Banana Gel. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts