spot_imgspot_img

Awal Kemarau di Pati, Desa Ini Mulai Kesulitan Air

PATI,suaramuria.com – Dampak musim kemarau mulai dirasakan warga di Kabupaten Pati. Warga di sejumlah desa di Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati mulai mengajukan bantuan air bersih.

Achwan (35), warga Desa Sokopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati mengatakan, dampak kekeringan mulai terasa di areal persawahan. Para petani mulai kesulitan air untuk irigasi sawah mereka.

“Untuk pertanian sudah susah mencari air untuk irigasi. Saat ini banyak petani yang sedang menanam jagung,” katanya.

BACA JUGA : BPBD Sudah Salurkan 1.188 Tangki Air

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Triguna, Kecamatan Pucakwangi Sungkono. Ia menuturkan jika petani di desanya juga mulai kesulitan air. “Untuk irigasi pertanian sudah sulit saat ini. Sementara air bersih untuk rumah tangga masih aman,” katanya.

Pihaknyaterus memantau sejumlah dusun di Desa Triguna yang kerap menjadi langganan kekeringan. Ia mencontohkan, Dukuh Puthuk dan Ketri Desa Triguna kerap mengalami kesukitan air.

“Jika nanti warga sudah kesulitan air bersih, akan kami ajukan bantuan air bersih ke BPBD,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan saat ini sudah ada permintaan air bersih yang masuk. Daerah yang membutuhkan air bersih tersebut Dusun Puthuk, Desa Triguna Kecamatan Pucakwangi.

“Sudah ada permintaan ke sana. Rencana akan kami kirim 2 tangki air,” terangnya.

Hanya saja, lanjut Martinus permintaan tersebut belum dipenuhi oleh pihak BPBD Pati. Dirinya mengatakan masih menunggu kesiapan bak atau tempat penampungan yang disediakan pihak desa.

Kekeringan dalam pemetaan BPBD berpotensi menyebar disejumlah tempat di Kabupaten Pati. Mengacu dari data kekeringan di tahun 2019, akibat fenomena El Nino Martinus memperkirakan terdapat 147 desa terdampak.

Desa tersebut tersebar dari Kecamatan Sukolilo, Kayen, Gabus, Pati, Winong, Tambakromo, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Juwana dan Batang. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts