spot_imgspot_img

Bawaslu Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih Warga

KUDUS,suaramuria.comBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kudus menggelar apel patroli pengawasan di halaman kantor Bawaslu Kudus, Senin (27/2/2023). Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, patroli pengawasan ini untuk mengawal hak pilih warga di Kabupaten Kudus.

Apel patroli dimulai pukul 08.00 WIB diikuti oleh Jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD Kecamatan Kota Kudus dan Kecamatan Jati sebagai peserta apel.

Dalam sambutannya, Minan mengatakan bahwa apel siaga ini dilaksanakan sesuai Instruksi Ketua Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.

BACA JUGA : Bawaslu Jepara Gandeng Disabilitas Awasi Pemilu

“Bawaslu RI menginstruksikan kepada Jajaran Bawaslu Provinsi, Kabupaten, maupun Kota untuk melakukan kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih selama masa tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pemilu tahun 2024,” katanya.

Kegiatan patroli pengawasan kawal hak pilih dilaksanakan mulai hari Senin, tanggal 27 Februari 2023 di masing-masing kantor bawaslu di daerah.

Dua Pekan

Patroli digelar minimal dua kali di setiap pekannya hingga 14 Februari 2024 dengan melibatkan Panwaslu Kecamatan.

Minan berharap kepada seluruh jajaran pengawas baik tingkat kecamatan maupun kelurahan atau desa agar senantiasa mengawal proses pencocokan dan penelitan (coklit) data pemilih. Proses coklit yang berlangsung pada tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

“Saya berharap kepada semua pengawas pemilu di Kabupaten Kudus untuk mengawal semua tahapan pemilu 2024, khususnya pada tahapan coklit yang sedang berjalan ini,” katanya.

Minan menambahkan, pencegahan dengan cara memastikan prosedur coklit berjalan dengan benar dan sesuai aturan.

Patroli ini juga untuk memastikan ketepatan dan akurasi proses coklit, agar pada pemilu 2024 nanti tidak terjadi kecurangan terkait data pemilih.

Setelah apel selesai, pelaksanaan apel patroli pengawasan, jajaran Bawaslu Kudus, Panwaslu Kecamatan dan PKD Kecamatan Kota Kudus dan Jati melaksanakan uji petik di lapangan dengan mendatangi rumah penduduk. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts