spot_imgspot_img

Bupati Hartopo Dukung Usulan KHR Asnawi Jadi Pahlawan Nasional

KUDUS, suaramuria.comSosok ulama asal Kudus di era kemerdekaan KHR Asnawi layak menyandang gelar pahlawan nasional. Bupati Kudus Hartopo mengatakan, KHR Asnawi memiliki kontribusi besar bagi agama, bangsa, dan negara, sehingga pantas jika menyandang gelar pahlawan nasional.

Melihat perannya yang besar terutama di era kemerdekaan, kata Hartopo, Pemkab Kudus mendukung usulan KHR Asnawi menjadi pahlawan nasional.

Hartopo menyampaikan dukungan tersebut pada seminar di Aula Pondok Pesantren Al-Asnawiyyah Bendan, Sabtu (1/4) sore.

Bupati Kudus Hartopo bangga dan mendukung penuh terhadap usulan gelar pahlawan nasional untuk ulama karismatik asal Kudus KHR Asnawi.

“Terkait usulan gelar pahlawan nasional, saya sebagai kepala daerah ikut bangga dan mendukung penuh ketika ada ulama Kudus ada yang mendapat gelar pahlawan nasional,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan, pihaknya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kudus berupaya membantu mempermudah dari sisi prosedural yang harus dipenuhi sebagai persyaratan administrasi.

Mengingat dari sisi lain, KHR Asnawi telah layak menyandang gelar pahlawan nasional. Hal itu dibuktikan dengan kiprahnya sebagai WNI yang baik dan memiliki integritas tinggi untuk berjuang, serta dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

“Persyaratan untuk dapat gelar pahlawan sudah ada semua dalam diri KH. Raden Asnawi. Tugas kita di pemerintahan membantu mempermudah prosedural, selama dalam regulasi yang ada,” terangnya.

Hartopo mengungkapkan, sosok KHR Asnawi memiliki semangat juang yang tinggi demi membela dan mempertahankan tanah air dari tangan penjajah.

“Beliau selalu mengibarkan semangat pada para santri untuk bersama berjuang dan mempertahankan tanah air dari para penjajah,” ungkapnya.

Mendukung Penuh

Sementara itu, Ketua PCNU Kudus KH Asyrofi Masyitoh meyakini seluruh masyarakat Kabupaten Kudus  setuju dan mendukung penuh atas upaya untuk memperjuangkan gelar pahlawan nasional.

Gelar itu, kata dia sebagai bentuk penghormatan pada KHR Asnawi sebagai ulama yang turut berjuang menghadapi penjajahan.

“Saya yakin seluruh masyarakat sangat mendukung, karena ini suatu kehormatan untuk beliau khususnya dan masyarakat Kudus pada umumnya,” jelasnya.

KH M Khafid Asnawi, keluarga besar KHR Asnawi berharap jalan yang terbaik atas usulan tersebut. Menurutnya, KH. Raden Asnawi telah menjadi pahlawan bagi kita semua, khususnya masyarakat Kudus.

“Atas nama keluarga kami ucapkan terimakasih atas usulan ini. Jika usulan ini mendapat persetujuan dari Pemerintah, Insya Allah akan menjadi pengingat kita akan perjuangan mbah Asnawi. Jika pun tidak, mbah Asnawi tetap pahlawan bagi kita semua,” tuturnya. (srm)

 

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts