spot_imgspot_img

Bupati Rembang Lontarkan Gagasan Sentra Pengasapan Ikan

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz melontarkan gagasan manarik saat meresmikan Jembatan Temperak di Kecamatan Sarang. Bupati melontarkan gagasan sentra pengasapan ikan di jalan lingkar tepi laut yang melintasi empat desa yakni Desa Sarangmeduro, Bajingmeduro, Karangmangu dan Temperak.

Saya inginnya sepanjang jalan ini malah pengasapan ikan. Nanti kita fasilitasi, setiap desa nanti kita beri 5 tempat pengasapan, ” tuturnya. Jika ada lima desa, akan ada 25 pengasapan. Perhitungan anggarannya satu pengasapan butuh Rp 10 juta maka total anggaran Rp 250 juta.

“Ini 2024 kudu (harus) dianggarkan nggeh, pengasapan. Jadi orang lewat sini salah satu tujuannya ingin membeli ikan bakar yang asli.” Nantinya tempat pengasapan dibuat sedemikian rupa sehingga representatif. Termasuk instalasinya dibuat bersih.

Lebih lanjut Abdul Hafidz mengatakan jika warga menjual ikan dalam bentuk ikan asap maka nilai jualnya lebih tinggi jika dibandingkan langsung dijual mentah di pasar. “Eman- eman nek didol (dijual) di pasar cuma Rp.2 ribu, kalau dijual di pengasapan bisa Rp.5 ribu. Soale yang beli wong Surabaya, wong Tuban, jadi biar ada nilai ekonomi, ” ungkapnya.

Kepala Desa Temperak, Nursalam menyetujui ide tentang pengasapan yang dilontarkan Bupati. Tentunya konsep wisata kuliner yang diungkapkan oleh Bupati akan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. “Sementara ini pengasapannya kan di rumah masing-masing. Kalau dikondisikan, diberi tempat yang bagus pasti banyak yang beli, apalagi ini jalannya bagus kalau ada pendatang dari luar kota kan bisa jadi oleh- oleh,” tuturnya.

Sementara dari tempat pengasapan di Desa Sarangmeduro yang sudah ada, ternyata memang ramai pembeli. Menurut Nikmatul Jannah salah satu penjual ikan asap, pembelinya dari luar kecamatan bahkan kota lain. “Ramai alhamdulillah, pembeli dari mana saja. Dari luar kota ada, Jakarta , Banten, ada juga orang tua juga,” ungkapnya. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts