spot_imgspot_img

Calon Jamaah Haji Pelunasan 2020 Tak Perlu Bayar Kenaikan Biaya Haji

KUDUS,suaramuria.comKementerian Agama (Kemenag) memastikan jamaah haji yang telah membayar pelunasan haji pada tahun 2020 dan belum berangkat hingga saat ini, tak perlu membayar tambahan kenaikan biaya haji tahun ini,

Pemerintah menetapkan biaya haji tahun ini naik menjadi Rp 49,8 juta. Biaya ini naik signifikan dari biaya haji tahun sebelumnya sebesar Rp 39,8 juta.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kudus Asrul Fatkhi mengatakan, tahun ini jumlah jamaah haji asal Kudus yang direncanakan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.275 orang.

BACA JUGA : Batal Berangkat, Belasan Calhaj Tarik Dana Pelunasan Haji

Angka ini meningkat dibanding kuota dua tahun terakhir.

Jumlah jamaah haji yang berangkat tahun 2021 sebanyak 517 orang. Setahun berikutnya, pada tahun 2022, sebanyak 758 orang jamaah haji berangkat ke Tanah Suci.

“Bagi jamaah haji yang sudah lunas sebelum ada penetapan biaya haji terbaru, maka tidak perlu ada penambahan biaya sekitar 10 juta. Penambahan khusus jamaah haji yang belum pelunasan,” ujarnya.

Mereka yang sudah melakukan pelunasan yakni para calon jamaah haji yang gagal berangkat karena Pandemi Covid-19. Saat itu Pemerintah Arab Saudi tidak membuka jamaah haji asal luar negeri, termasuk Indonesia.

Sebagian dari calon jamaah haji tersebut berkesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci, tahun ini.

Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis terkait pelunasan biaya haji. Juknis tersebut diperkirakan turun Maret mendatang.

Kantor Kemenag kabupaten Kudus saat ini tengah mengebut persiapan pemberangkatan calon jamaah haji.

“Untuk saat ini kami masih mengebut pembuatan paspor. Hari ini sudah ada sebanyak 200 paspor yang sedang proses. Berkas persyaratan sudah dalam pengiriman ke Kantor Imigrasi di Pati,” katanya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts