spot_imgspot_img

Cegah Penularan, Skrining Penderita TBC Digalakkan

KUDUS,suaramuria.comPemkab Kudus meningkatkan kegiatan skrining penderita TBC (tuberculosis) untuk mencegah penularan. Penanganan penyakit TBC baik pencegahan dan pengobatan membutuhkan perhatian ekstra.

Pasalnya, penularan TBC bisa melalui udara. Sementara, pengobatan bagi pasien TB perlu penanganan khusus.

Bupati Kudus Hartopo meminta agar Dinas Kesehatan menggandeng stakeholder membentuk tim dalam penanganan TBC.

BACA JUGA : Dapat Kucuran Anggaran Besar Tiap Tahun, Bupati Kudus Sentil Pelayanan RSUD Harus Prima

Kegiatan preventif melalui skrining dan sosialisasi perlu digalakkan. Sehingga, masyarakat yang tertular TB bisa diketahui lebih dini.

“Dinas Kesehatan dan stakeholder harus segera menambah tim untuk skrining. Biar deteksi dininya maksimal,” terangnya usai menghadiri Peringatan Hari Tuberkolosis Sedunia Kabupaten Kudus, di Hotel HOM, Rabu (5/4).

Hartopo yang hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo menjelaskan pencegahan jadi langkah penting untuk penurunan angka kasus TBC di Kudus.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih perhatian melalui imunisasi dan skrining. Bupati mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker di ruang tertutup.

“Penularan TBC ini kan hampir sama dengan Covid-19 yakni melalui droplet. Jadi kalau di ruang tertutup lebih aman menggunakan masker,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus (Pemkab Kudus) akan memfasilitasi terutama penyediaan tempat karantina penderita TB.

Langkah Strategis

Hartopo mendukung langkah strategis penanganan TBC yang dianggarkan melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Sebagai informasi, peruntukkan DBHCHT untuk sektor kesehatan sekitar 40 persen.

“Kami akan selalu mendukung dan memfasilitasi agar penanganan TBC bisa maksimal. Kami bisa menganggarkan dari DBHCHT,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kudus dr. Andini Aridewi menuturkan pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada perusahaan dan kader yang menyukseskan skrining serta penanganan TBC.

Pihaknya mengajak perusahaan meningkatkan antisipasi penularan TBC mulai dari preventif hingga penanganan. sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat dan tepat. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts