spot_imgspot_img

Cegah Pelanggaran, Bawaslu Ajak Pelajar Jadi Pengawas Pemilu

REMBANG, lasem.id – Sebagai upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran Pemilu 2024 serta meningkatkan peran masyarakat sebagai pengawas partisipatif, Bawaslu Kabupaten Rembang menyelenggarakan Kegiatan Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Fave, Rabu (13/12/2023) ini menghadirkan narasumber dosen INISNU Temanggung Hamidulloh Ibda, perwakilan dari Dinas Kominfo Kabupaten Rembang Rudy Heryanto, dan diikuti perwakilan pelajar SMA, SMK, dan MA se Kabupaten Rembang.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Rembang Muhammad Bayanul Lail dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilu 2024 adalah momentum yang tepat untuk memperjuangkan demokrasi.

“Kami mengundang adik-adik semua ini dengan penuh harap. Saat ini adalah momentum yang sangat tepat untuk adik-adik dalam memperjuangkan demokrasi”, ungkapnya

Komisioner Bawaslu yang tinggal di Kecamatan Rembang Kota ini juga mengajak para pelajar melek demokrasi dan menjadi pengawas partisipatif sehingga menciptalan Pemilu yang sehat dan bersih.

“Anda semua akan kami ajak sebagai pengawas partisipatif melalui media sosial masuk dalam gugus tugas pengawas media internet. Anda semua sebagai pemuda harus melek demokrasi. Agar demokrasi baik, maka ciptakanlah Pemilu yang sehat dan bersih dari potensi pelanggaran-pelanggaran pemilu, termasuk yang ada di internet,” tambahnya.

Sementara itu, Rudy Heryanto narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang mengungkapkan potensi bahaya echo chamber (ruang gema) dalam ruang media sosial.

Echo chamber merupakan situasi dimana seseorang dalam situasi enggan melihat atau mendengar gagasan, perspektif, atau alternatif lain yang berbeda dari perspektifnya sendiri.

“Dalam politik ini sangat berbahaya. Karena pengguna media sosial akan terpapar, dikelilingi informasi yang sangat seragam, homogen tentang apa yang mereka suka. Solusinya tingkatkan kemampuan literasi digital, cek dan ricek informasi,” pungkasnya.

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts