spot_imgspot_img

Dorong Inovasi Produk Lokal, Bappeda Gelar Workshop Bagi UMKM

KUDUS,suaramuria.com – Untuk memacu pengembangan inovasi produk lokal desa, Bappeda Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Kudus menyelenggarakan workshop bagi pelaku UMKM.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini mengambil tema “Pengembangan Inovasi Produk Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing” di aula balai desa Loram Wetan,Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sejak Kamis (23/2/2023).

Kepala Bidang Riset dan Pengembangan Bappeda Jateng Tri Yuni Atmojo menuturkan, wokshop ini bertujuan untuk mendorong masyarakat desa untuk dapat mengenali potensi yang ada di desanya masing-masing.

BACA JUGA : Manfaatkan Dunia Digital, PT PMN Latih UMKM Naik Kelas

Dengan begitu, masyarakat desa dapat mengembangkan potensi yang ada untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang akan menjadi bahasan dalam workshop.

“Selain kualitas produk, kemasan, para pemateri juga akan mengulas tentang strategi pemasaran,” ujarnya.

Tri menegaskan, semangat warga desa lah yang menjadi kunci keberhasilan pengembangan produk lokal ini. semua pihak harus memiliki visi yang sama, yakni dengan tujuan akhir untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Kudus yang diwakili oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan Rokhis Purwadi mengatakan, Desa Loram Wetan merupakan salah satu desa yang memiliki beragam potensi lokal.

Pelaku UMKM di Loram Wetan ini  baru sebagian kecil dari 18 ribu-an UMKM yang ada di Kabupaten Kudus.

Nilai Tambah

Adanya gagasan pengolahan makanan berbahan dasar bonggol pisang, ini patut diapresiasi. Nantinya juga bisa dipasarkan dengan packaging yang menarik agar memiliki nilai tambah.

“Kreativitas ini sudah selayaknya didaftarkan hak cipta atau HaKI. Dan bisa dipasarkan secara online ,” katanya.

Ia berharap workshop tersebut tidak sekedar formalitas belaka. Lebih dari itu, kegiatan workshop ini bisa berkelanjutan agar peningkatan kesejahteraan benar-benar dapat dirasakan oleh warga desa.

Sementara itu, Camat Jati Fiza Akbar juga menyambut baik kegiatan ini. Disebutkannya, bahwa masih banyak potensi dari desa-desa lain yang bisa digali dan diberdayakan. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts