spot_imgspot_img

DPRD Kudus Gulirkan Ranperda Bantuan Hukum untuk Warga Miskin

KUDUS,suaramuria.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus ingin pemerintah daerah hadir mendampingi warga miskin yang tersandung persoalan hukum. DPRD Kudus kini tengah menggulirkan Ranperda Bantuan Hukum untuk Warga Miskin.

Sebab tak jarang, warga miskin sulit mendapatkan bantuan hukum yang memadai karena persoalan ekonomi.

Tak ingin warga miskin semakin sulit mendapat akses bantuan hukum, DPRD Kabupaten Kudus kini menggagas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan yang juga anggota Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Kudus  Achmad Yusuf Roni menuturkan, bantuan hukum yang dimaksud meliputi masalah hukum Perdata, Pidana, dan Tata Usaha Negara.

BACA JUGA : Kado Satu Abad NU, DPRD Kudus Gulirkan Ranperda Fasilitasi Pondok Pesantren

“Bantuan Hukum diberikan hingga masalah hukumnya selesai dan atau perkaranya telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Atau selama Penerima Bantuan Hukum tersebut tidak mencabut surat kuasa,” katanya.

Ranperda Bantuan Hukum untuk Warga Miskin ini menjadi satu dari delapan Ranperda inisiatif yang diprakarsai oleh DPRD Kudus. Delapan Ranperda itu akan dibahas bersama tiga Ranperda lainnya usulan eksekutif.

DPRD Kudus telah membentuk tiga Pansus untuk membahas sebelas Ranperda tersebut. Ranperda tentang Bantuan Hukum untuk Warga Miskin akan dibahas oleh Pansus III.

Pansus I yang diketuai itu Aris Suliyono dan Wakil Ketua Muhtamat akan membahas Ranperda tentang Fasilitas Pondok Pesantren, Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Ranperda Tentang Fasilitasi Ibadah Haji, dan Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kudus.

Pansus II yang diketuai Kholid Mawardi dan Wakil Ketua Sandung Hidayat akan membahas Ranperda CSR, Ranperda Tentang Pelayanan Dan Pelindungan Buruh, dan Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Sementara itu, Pansus III yang dipimpin Ketua Sutejo dan Rochim Sutopo sebagai wakil ketua, akan membahas Ranperda Tentang Sumber Daya Air, Ranperda Tentang Pemberdayaan Desa Wisata, Ranperda Tentang Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin, dan Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 4 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung.

“Ranperda ini akan menjadi payung hukum atau dasar bagi Pemerintah Daerah untuk turun tangan membantu warga miskin yang menghadapi masalah hukum. Tujuannya tentu agar warga miskin tidak semakin terbebani manakala ada permasalahan hukum,” katanya.

Ranperda bantuan hukum
Ketua Fraksi PDIP yang juga anggota Pansus III DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni. (foto : suaramuria.com/dok)

Yusuf menambahkan, nantinya Pemkab wajib hadir memberikan pengetahuan hingga pendampingan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.

Posisi Lemah

Yusuf yang tergabung dalam Pansus III DPRD Kudus menambahkan, selama ini banyak warga miskin yang takut manakala tersandung persoalan hukum. Hal ini membuat mereka berada pada posisi yang lemah.

“Pada kasus pidana pun, bantuan pendampingan hukum baru ada ketika statusnya menjadi tersangka. Padahal tak jarang mereka membutuhkan bantuan hukum jauh ketika ada penetapan status tersebut,” katanya.

Karena itu, ia menilai Ranperda ini mendesak untuk segera dibahas dan disahkan. Dengan begitu, ada payung hukum yang jelas bagi Pemkab Kudus untuk hadir memberikan bantuan hukum bagi warga, khususnya masyarakat miskin atau kurang mampu.

“Untuk teknisnya, bisa saja nanti Pemkab Kudus meneken kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki fakultas hukum,” ujarnya.

Pada Ranperda itu disebutkan, pemberi bantuan hukum harus memenuhi persyaratan, antara lain berbadan hukum, terakreditasi, memiliki kantor atau sekretariat yang tetap, memiliki pengurus, dan memiliki program Bantuan Hukum. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts