spot_imgspot_img

Genangan Banjir Naik, 13 Warga Kudus Mengungsi

KUDUS, suaramuria.com – Genangan banjir di Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus yang terus naik memaksa warga mengungsi. Sebanyak 13 warga Dukuh Karanganyar, Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus kini mengungsi ke balai desa.

Mereka mengungsi karena ketinggian air di tempat tinggalnya terus naik. Banjir paling parah di desa itu mencapai 70 centimeter.

Kasi Kedaruraan dan Logistik BPBD Kabupaten Kudus Munaji mengatakan, banjir di Dukuh Karanganyar Desa Payaman terus naik.

BACA JUGA : Awetnya Banjir Kudus, Rendam 7 Desa dan Ribuan Hektare Sawah

“Banjir di Desa Payaman terutama di Dukuh Karanganyar naik 10 centimeter menjadi saat ini 70 centimeter akibat tingginya curah hujan. 13 warga dari 5 kepala keluarga saat ini mengungsi ke balai desa,” katanya, Selasa (28/2/2023).

Sebanyak 372 KK di Desa Payaman terdampak banjir. Namun, warga lainnya di desa itu memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

Data BPBD Kabupaten Kudus menyebutkan, sebanyak tujuh desa di Kabupaten Kudus masih tergenang banjir.

Desa yang terendam banjir yakni Desa Jati Wetan, Tanjungkarang, dan Jetis Kapuan di Kecamatan Jati, Desa Ngemplak, Karangrowo, dan Undaan Lor di Kecamatan Undaan, serta Desa Payaman Kecamatan Mejobo.

“Desa Karangrowo membuka dapur umum untuk warga yang terdampak banjir,” katanya.

Saat ini beberapa pintu air di  wilayah Kecamatan Undaan dan Jati telah dibuka.

Genangan banjir diaalirkan ke Sungai Wulan dengan lancar untuk mengurangi ketinggian debit air dan genangan di permukiman warga.

Secara keseluruhan, banjir di tujuh desa itu berdampak pada sebanyak 4.099 KK. Sebanyak 540 rumah warga rumah masih tergenang.

Banjir juga menggenangi lahan pertanian seluas 2.159 hektare.

Munaji mengatakan, kondisi banjir saat ini ketinggian air turun di wilayah Jati Wetan.

“Selebihnya untuk wilayah Tanjung Karang, Jetis Kapuan Kecamatan Jati, Desa Ngemplak dan Desa Karangrowo Kecamatan Undaan dan Desa Payaman di Kecamatan Mejobo, air justru naik,” katanya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts