spot_imgspot_img

Gongcik, Silat Jawa Asal Pati untuk Kelabuhi Penjajah Belanda

PATI,suaramuria.com – Gongcik, seni pertunjukan silat Jawa ini bukan hanya sekedar pamer jurus dengan iringan musik gamelan. Pada era penjajahan Belanda, tradisi Gongcik digunakan untuk mengelabuhi Belanda. Kok Bisa?

Seni Gongcik masih lestari di wilayah Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. Bagi warga Kecamatan Trangkil khususnya di Desa Pasucen, Gongcik bukan barang asing lagi.

Secara etilologi, Gongcik paduan dari kata Gong, salah satu instrument dalam musik gamelan, dan Encak-encik, sebutan silat Jawa.

BACA JUGA : Sulikin, Difabel Kreatif Hasilkan Seni Ukir Bernilai Ekonomi

Pelestari Gongcik di Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati Ahmad Faozi menuturkan, seni Gongcik dimainkan dua orang pesilat. Mereka beradu jurus dengan iringan musik gamelan rancak mirip pada pertunjukan barongan.

Saat pertunjukan berlangsung, penonton berkerumun melingkari arena pertunjukan.

Untuk iringan musik mirip di Barongan. Hanya saja ada sedikit perbedaannya. Untuk gerakannya menggunakan dasar-dasar beladiri,” kata Faozi.

Ia menambahkan, kesenian Gongcik sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Menurut cerita turun temurun yang ia terima, seni Gongcik sudah ada pada tahun 1948 atau bersamaan agresi militer kedua Belanda.

Mbah Kardi, sesepuh Gongcik di Desa Pasucen menuturkan, pertunjukan Gongcik sejatinya cara pejuang saat itu belajar ilmu silat.

“Karena tak ingin menarik perhatian Belanda, mereka mengemas layaknya pertunjukan dengan iringan musik gamelan,” ujarnya.

Seni Gongcik sempat mati suri. Barulah warga di Pasucen menghidupkan kembali Gongcil pada tahun 2012.

Kini sudah ada belasan pemain gongcik yang cukup aktif bermain dalam pertunjukkan. Hampir setiap orang tua di Desa Pasucen bisa memainkan kesenian tersebut. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts