spot_imgspot_img

Guru SMK Negeri 1 Rembang Lolos Program Harvard University

REMBANG, lasem.id – Anisa Rahmanti, S.Kom M.Eng., guru SMK Negeri I Rembang berhasil lolos dalam Program Microcredential CS50x yang diselenggarakan oleh Harvard University Amerika Serikat.

Program ini merupakan Program kerjasama antara Kemdikbudristek dengan Harvard University dengan dukungan Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) dalam pemberdayaan digital skill bagi guru untuk mengikuti kelas daring CS50 dari Harvard University.

Kepada lasem.id, guru yang berdomisili di Sekararum, Kecamatan Suber Rembang ini mengatakan lebih dari 800 guru dari seluruh Indonesia berkompetisi untuk seleksi program Harvard University itu. Namun hanya 288 guru yang berhasil terpilih. Selain pemenuhan berkas administrasi, peserta seleksi juga menjawab pertanyaan tertulis dan wawancara tentang motivasi dan komitmen mengikuti program ini.

Wawancara dengan menggunakan bahasa pengantar Inggris karena selama program ini semua course dalam bahasa Inggris,” kata dia.

Dalam program ini, Anisa akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan intensif dalam pemrograman dan ilmu komputer dari para ahli di Harvard University.

Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang ilmu komputer dan pemrograman. Peserta terpilih akan mendapatkan bimbingan langsung dari para dosen terkemuka Harvard University selama 20 minggu secara daring hingga Maret 2024,” terang dia.

Dia menambahkan setiap peserta yang lolos wajib menandatangani pakta integritas untuk menyelesaikan program dan mengembalikan biaya program bila tidak lolos.

Norma akademik dari Harvard University juga wajib dipatuhi misal larangan plagiat dalam mengerjakan tugas,” jelas dia.

Dia berharap dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang ia peroleh kepada rekan guru dan siswa di SMK Negeri 1 Rembang setelah menyelesaikan program ini.

Ini menjadi kesempatan emas bagi guru-guru yang memiliki kemauan untuk terus mengembangkan diri. Program ini juga akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan membantu siswa dalam memahami dunia teknologi yang terus berkembang,” tambah dia.

Tentang Program Microcredential CS50x

Setelah sukses melaksanakan program CS50x di tahun 2022, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan kembali melaksanakan program CS50x Indonesia – Harvard University, Digital Skill bagi Guru Tahun 2023. Program beasiswa inovatif ini untuk membantu guru-guru mengembangkan keterampilan digital mereka dan meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Microcredential adalah program pendidikan/pelatihan jangka pendek dengan topik materi pendidikan dan pelatihan yang teknis dan spesifik. Biasanya dilaksanakan dalam bentuk pendidikan jangka pendek secara daring selama kurun waktu 3, 4 atau 6 bulan pada perguruan tinggi luar negeri yang sudah ditetapkan. CS50X merupakan kursus pemrograman yang ditawarkan oleh Universitas Harvard, bagi peserta dengan atau tanpa pengalaman pemrograman sebelumnya. Materi kursus meliputi berpikir algoritmik, pemecahan masalah, dan penggunaan bahasa pemrograman seperti C, Python, SQL, JavaScript, CSS, dan HTML. Kursus ini memiliki kumpulan soal yang mendalam dan peserta yang berhasil menyelesaikan tugas dan proyek akhir berhak mendapatkan sertifikat resmi dari universitas prestisius ini. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts