spot_imgspot_img

Gus Hanies: Pertolongan Pertama Medis Awal Saling Menyelamatkan

REMBANG, suaramuria.com – Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro membuka Bimbingan Teknis Pertolongan Pertama Medis di Balai Kartini Rembang, Kamis (23/02/23). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang selama tiga hari mulai tanggal 21- 23 Februari 2023.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hannies Cholil Barro yang membuka acara tersebut menyambut baik kegiatan tersebut. “Kami Pemerintah Rembang mengapresiasi terselenggaranya acara Bimtek Pertolongan Pertama Medis yang cukup penting karena berhubungan erat dengan keselamatan manusia. Berhubungan dengan nyawa manusia, dalam hal tolong-menolong saling menyelamatkan sesama satu sama lain ” ungkapnya

Sedangkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Heru Suhartanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas dari Basarnas.

Sesuai amanat Undang – undang No 29 tahun 2014 Basarnas memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan terhadap para potensi. Salah satunya adalah melalui pelatihan atau bimbingan teknis di bidang pencarian dan pertolongan” ungkap Heru.

Adapun tujuan terkait bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan pertama. Peserta adalah masyarakat yang berpotensi di Kabupaten Rembang, Pati dan Blora berjumlah 50 peserta” lanjut Heru kemudian.

Wakil Bupati Rembang Hanies Cholil Barro' membuka Bimbingan Teknis Pertolongan Pertama Medis, Kamis (23/02/23)
Wakil Bupati Rembang Hanies Cholil Barro’ membuka Bimbingan Teknis Pertolongan Pertama Medis, Kamis (23/02/23)

Materi yang disampaikan meliputi substansi Basarnas, pengantar pertolongan pertama, pemeriksaan fisik, pemindahan korban fraktur. Kemudian BDD RJP, penanganan cedera kepala , perdarahan dilanjutkan simulasi penanganan korban kecelakaan.

Teori maupun praktek yang diberikan agar seluruh ilmu yang diberikan dapat diserap dan dapat bermanfaat serta dapat diaplikasikan di dalam setiap kegiatan operasi pencarian dan pertolongan. Utamakan keselamatan diri dan hindari sikap takabur atas kemampuan yang sudah teman-teman miliki” pungkas Heru dalam sambutannya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts