spot_imgspot_img

Gus Hanies: Stunting Ancam Daya Saing Bangsa

Stunting menjadi ancaman terhadap daya saing bangsa Indonesia pada saat bangsa ini mendapati bonus demografi. Penduduk Indonesia usia produktif lebih dominan jika dibandingkan dengan usia non produktif. Demikian disampaikan Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’ saat membuka seminar dalam rangka Hari Gizi Nasional (HGN) 2023 di Pendapa Kompleks Museum Kartini Rembang, Sabtu (25/02).

“Pada tahun 2045 Indonesia akan memasuki “Indonesia Emas” di proklamasi yang ke-100 tahun. Jadi ini akan menjadi taruhan kita. Karena anak yang lahir di tahun 2020 an di 2045 ini musti kita siapkan mulai dari sisi kesehatannya,” tambahnya.

Lebih lanjut pria yang biasa dipanggil Gus Hanies tersebut menyampaikan jika penurunan stunting menjadi program nasional. Bahkan Presiden  Joko Widodo meminta semua elemen bangsa fokus terhadap penurunan stunting yang bisa menjadi ancaman daya saing bangsa. “Penurunan angka stunting menjadi program nasional. Pak Jokowi melalui lembaga pemerintahan dan kementerian untuk fokus ke penurunan angka stunting. Bukan hanya kementerian kesehatan, tetapi BKKBN bahkan kementerian agama. Kementerian agama harus memberikan pembekalan kepada calon pengantin,” lanjut Gus Hanies.

Pemerintah Kabupaten Rembang telah menetapkan target penurunan stunting di angka 14 persen pada tahun 2024 mendatang. Tetapi kata Gus Hanies selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), di Kabupaten Rembang kasus stunting saat ini sudah berada di angka 11 persen berdasarkan hasil timbang serentak pada Februari 2022 lalu. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts