spot_imgspot_img

Haul Habib Jafar, Puluhan UMKM Kudus dan Jepara Pamerkan Produk

KUDUS,suaramuria.com – Sebanyak 78 pelaku UMKM dari Kudus dan Jepara pamer produk pada ekspo Haul Habib Jafar yang digelar di Jalan Puger Kudus, Senin – Kamis (26-29/12).

Ketua Panitia Ekspo Andre Herdian menuturkan, pihaknya mengundang pelaku UMKM dari Kudus, Jepara, dan Pati.

“Kebetulan yang dari Pati mengundurkan diri, sehingga yang hadir ini dari Kudus dan Jepara,” katanya, Senin (26/12).

BACA JUGA : Digelar 3 Hari, Jati Expo Tampilkan Produk Unggulan Desa

Selain produk UMKM, pihaknya juga mengundang pelaku usaha otomotif di Kudus. Karena itu, ia menargetkan ekspo yang digelar dalam rangkaian peringatan haul ke-2 Habib Jafar bin Muhammad bin Hamid Al-Kaff ini mampu menembus Rp 1 miliar per hari.

“Kami optimistis karena selama rangkaian ekspo ini dari panitia haul habib Jafar juga mengundanga artis ibu kota seperti Charly Van Houten, Camelia Malik, hingga komedian Benjo dan Pangsit,” ujarnya.

Bupati Kudus Hartopo yang hadir pada pembukaan haul mengatakan, momentum ini menjadi kesempatan pelaku UMKM untuk mengenalkan produknya ke masyarakat luas. “Pengunjung haul ini kan tidak hanya dari Kudus saja, tentu akan ada banyak warga dari luar daerah,” ujarnya.

Ia menuturkan, pelaku UMKM membutuhkan event seperti ini. Melalui pameran, UMKM dapat memperluas pasar lokal di samping melalui pasar online. Terlebih, Hartopo mengamati sebagian UMKM belum memaksimalkan pasar.

“Banyak dari UMKM yang lebih banyak produknya daripada pasarnya. Sehingga pameran seperti ini bentuk upaya meningkatkan penjualan,” terangnya.

Memperluas Pasar

Mengatasi permasalahan dalam memperluas pasar, Hartopo mendorong agar pelaku UMKM bisa mengikuti pelatihan marketing yang diadakan Disnaker Perinkop dan UKM. Nantinya, para pelaku UMKM bisa dibekali keterampilan untuk menggaet konsumen dan menembus pasar nasional.

“Bisa ikut pelatihan di Disnaker Perinkop dan UKM biar pemasaran meluas,” ujarnya.

Selain itu, Hartopo menyampaikan hormatnya kepada almarhum Habib Jafar Alkaff. Pihaknya menuturkan, Habib Jafar Alkaff turut memberikan dukungannya kala ia mencalonkan diri menjadi wakil bupati pada Pilbup 2018 lalu.

“Almarhum adalah ulama kharismatik yang mempunyai jasa luar bisa untuk Kudus. Saya termasuk orang yang menghormati almarhum. Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan do’a yang diberikan saat saya sowan sebagai calon wakil bupati dulu,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts