spot_imgspot_img

Hujan Deras, 3 Desa di Lereng Muria Dilanda Tanah Longsor

KUDUS,suaramuria.com – Hujan deras menyebabkan longsor di tiga desa di lereng Muria Kabupaen Kudus, Rabu malam. Tiga desa yang wilayahnya mengalami longsor yakni Desa Menawan dan Rahtawu, Kecamatan Gebog, dan Desa Japan, Kecamatan Dawe.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Munaji mengatakan, longsor menyebabkan akses jalan warga sempat terputus hingga ambruknya tiang listrik.

Selain karena curah hujan, kondisi tanah yang labil juga menjadi pemicu terjadinya longsor di tiga wilayah tersebut. Kondisi itu menyebabkan tanah tak mampu menahan curah hujan dengan intensitas yang tinggi.

BACA JUGA : Muncul Retakan Tebing, 4 Rumah Warga Kambangan Terancam Kena Longsor

“Kondisi tebing yang curam dengan kemiriringan 80-90 derajat juga memperparah potensi longsor di daerah tersebut,” katanya.

Bencana tanah longsor yang terjadi pada Rabu (25/1) sore itu, tercatat ada 12 titik. Tujuh titik di antaranya tersebar di Desa Rahtawu, tiga titik di Desa Menawan, dan dua titik di Desa Japan.

Peristiwa longsor di ketiga desa tersebut juga sempat mengakibatkan akses jalan warga desa setempat tertutup material longsor.

Tim BPBD Kudus bersama relawan dan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan jalan dari material longsor yang menutup akses jalan.

“Tanah yang mengalami longsor juga ditutup menggunakan plastik untuk mencegah longsor susulan,” ujarnya.

Peristiwa tanah longsor juga sempat terjadi pada akhir Desember 2022 di lima desa, yakni di Desa Japan, Desa Kajar, Desa Soco, dan Ternadi (Kecamatan Dawe) serta di Desa Menawan (Kecamatan Gebog).

Akibat kejadian tersebut, terdapat sembilan rumah warga yang terdampak tanah longsor. Tiga rumah di antaranya di Kecamatan Dawe dan enam rumah di antaranya di Kecamatan Gebog.

Berdasarkan peta rawan bencana, untuk daerah rawan bencana tanah longsor tersebar di 13 desa, meliputi Desa Rahtawu, Menawan, Jurang, dan Kedungsari (Kecamatan Gebog), Desa Terban (Kecamatan Jekulo), serta Desa Soco, Ternadi, Japan, Kuwukan, Puyoh, Colo, Dukuh Waringin, dan Cranggang di Kecamatan Dawe. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts