spot_imgspot_img

Kampung Madani Desa Sarangmeduro, Tandai Langkah Peningkatan Ekonomi Nelayan

REMBANG, lasem.id – Pada Rabu, 21 Februari 2024, Desa Sarangmeduro, Kecamatan Sarang diresmikan sebagai Kampung Madani.

Kampung Madani sendiri merupakan konsep kampung binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang mengintegrasikan aspek sosial ekonomi dan pendidikan dengan mengajak nasabah serta masyarakat lokal berperan aktif dalam mengelola desanya.

Program ini diinisiasi untuk memberikan pelatihan dan pendampingan produksi ikan asap kepada masyarakat nelayan. Acara peresmian juga ditandai dengan penyerahan Program TJSL Gerobak Sampah, Alat Panggang Ikan Asap, Ruang Pintar, dan Tugu Kampung Madani.

Acara peresmian dihadiri antara lain oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz, Ketua Tim Kerja Pembiayaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Usep Suhendar, Pemimpin Cabang PNM Pati Leonardus Yosi Tyas H.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Bupati Rembang mengapresiasi PNM atas diselenggarakannya program ini di Desa Sarangmeduro. Beliau menegaskan pentingnya bantuan pendampingan dari pemerintah dalam meningkatkan nilai jual ekonomi dan sosial hasil tangkapan ikan para nelayan. Bupati berharap agar ikan yang didapatkan oleh para nelayan dijual tidak hanya dalam keadaan mentah saja, tetapi juga melalui proses pengolahan terlebih dahulu seperti diasap.

Dengan peresmian Kampung Madani ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat nelayan di Desa Sarangmeduro dan sekitarnya, serta menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain dalam memajukan sektor perikanan.

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts