spot_imgspot_img

Kaya Potensi Lokal, DPRD Kudus Ingin Kelembagaan Desa Wisata Diperkuat

KUDUS,suaramuria.comKabupaten Kudus memiliki potensi besar untuk pengembangan desa wisata sebagai salah satu upaya mendongkrak munculnya ekonomi masyarakat. Karena itu, keberadaan kelembagaan desa wisata perlu diperkuat dengan payung hukum yang jelas.

Melihat besarnya potensi desa wisata di Kabupaten Kudus itu, DPRD Kudus kini serius membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pemberdayaan Desa Wisata.

Ketua Pansus III Sutedjo menuturkan, Ranperda ini diharapkan memperkuat posisi desa wisata. Salah satunya melalui penguatan kelembagaan pengelola desa wisata.

BACA JUGA : DPRD Kudus Gulirkan Ranperda Bantuan Hukum untuk Warga Miskin

Wakil rakyat dari PKB ini menambahkan, pengelola desa wisata melakukan Pengembangan Desa Wisata meliputi pengembangan infrastruktur, pemasaran, penguatan kelembagaan, dan kerjasama kemitraan desa wisata.

Melalui Ranperda ini, bupati, perangkat desa teknis, hingga kepala desa wajib memberikan dukungan penuh kepada pengelola desa wisata dalam melaksanakan tugasnya.

“Dukungan tersebut termasuk Penyelenggaraan Pelatihan SDM tentang kepariwisataan,” katanya.

kelembagaan desa wisata
Salah satu potensi kuliner desa wisata yang ada di Kudus. (foto : suaramuria.com/dok)

Sutedjo menambahkan, Ranperda ini juga memberikan peluang dukungan pembiayaan untuk pengembangan desa wisata melalui APBD maupun APBDes.

“Termasuk juga dukunga anggaran pengembangan desa wisata dari pihak lain juga kami akomodasi,” katanya.

Potensi Kuliner

Wakil Ketua Pansus III DPRD Kudus Rochim Sutopo mengatakan, potensi desa wisata yang ada di Kabupaten Kudus tak ada habisnya. Selain wisata alam, potensi wisata kuliner di Kabupaten Kudus juga tak terhitung jumlahnya.

“Setiap desa saat ini bahkan tengah berlomba-lomba menampilkan produk unggulannya. Kita lihat misalnya ketika ada pameran, hampir semua desa memili potensi unggulannya masing-masing,” ujarnya.

Besarnya potensi ini perlu mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah sebagai pemangku kepentingan.

Karena itu pihaknya berharap Ranperda ini segera disahkan, sebagai payung hukum bagi pengembangan desa wisata di Kabupaten Kudus.

Pihak ketiga seperti Perusahaan juga kini getol melakukan pendampingan untuk desa wisata.

“Kami optimistis desa wisata di Kabupaten Kudus dengan segudang potensinya ini akan menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Kudus. Terlebih setiap desa memiliki lokalitasnya masing-masing,” ujarnya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts