spot_imgspot_img

KPU Kudus Buka Lowongan Anggota PPS, Jumlah Formasi 396 Orang

KUDUS,suaramuria.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus membuka lowongan sebanyak 396 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Lowongan anggota PPS ini dibuka untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 di sebanyak 132 desa dan kelurahan di Kabupaten Kudus.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, KPU telah menyosialisasikan pembukaan lowongan anggota PPS kepada para camat, kades, dan lurah di Kudus.

Seperti saat pendaftaran anggota PPK, pendaftaran anggota PPS juga melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) KPU.

BACA JUGA : KPU Kudus Buka Pendaftaran Anggota PPK dan PPS Via Aplikasi SIAKBA

Hanya saja untuk tes tertulisnya tidak berbasis komputer atau CAT (computer assisted test), melainkan tes tertulis lembar jawab.

Hal itu sebagai langkah antisipasi ketika pendaftarnya membeludak, mengingat pembukaan PPK yang dibutuhkan hanya 45 orang untuk ditempatkan di sembilan kecamatan, pendaftarnya mencapai 1.042 pendaftar.

Sementara kebutuhan anggota PPS, kata dia, untuk setiap desa/kelurahan ada tiga orang, sedangkan di Kudus terdapat 132 desa/kelurahan.

“Ada kemungkinan jumlah pendaftarnya lebih banyak, sehingga tes tertulisnya berupa lembar jawab yang akan diselenggarakan di masing-masing kecamatan,” katanya.

Naily menambahkan, pembukaan pendaftaran anggota PPS rencananya akan dibuka mulai 18 Desember 2022. Penutupan pendaftaran pada 29 Desember 2022.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus Mohammad Fitrianto mewakili Bupati Kudus Hartopo berharap masyarakat ikut membantu kelancaran tahapan Pemilu 2024.

Pada tahun 2024, imbuh dia, tidak hanya digelar pemilu presiden, melainkan ada pemilihan anggota DPR RI, DPD dan DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada 14 Februari 2024. Sedangkan partai politik peserta pemilu yang ditetapkan ada 17 parpol.

Di antaranya, PKB, Partai Gerindra, PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PKS, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Gerakan Perubahan, PAN, PBB, Partai Demokrat, PSI, Perindo, dan PPP.

Tahapan selanjutnya, ada kegiatan pemilihan gubernur dan bupati pada 27 November 2024. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts