spot_imgspot_img

Kudus Digelontor Ribuan Liter Minyak Goreng Bersubsidi

KUDUS,suaramuria.comKabupaten Kudus kembali mendapatkan gelontoran 5.040 liter minyak goreng bersubsidi atau Minyakita. Minyak goreng bersubsidi itu langsung didistribusikan ke masing-masing pedagang di pasar tradisional di Kudus, Jumat (24/2/2023).

Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Minan Muchammad  mengatakan, pendistribusian Minyakita hari ini (24/2), menyasar pedagang yang ada di Pasar Baru Kudus.

“Jika sebelumnya menyasar tiga pasar tradisional di Kudus, maka pendistribusian hari ini (24/2) khusus pedagang yang ada di Pasar Baru Kudus,” katanya.

BACA JUGA : Minyak Goreng Picu Inflasi di Kudus

Minan mengatakan, alokasi sebanyak 5.040 liter tersebut sesuai permintaan para pedagang.

Harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng bersubsidi tersebut sebesar Rp 14.000 per liter dengan kemasan botol. Hanya saja, di pasaran memang ada yang menjual Rp 14.500 per liternya.

Pemicu perbedaan harga itu karena sebelumnya muncul kelangkaan pasokan minyak goreng.  Pemerintah kemudian melakukan pendistribusian secara langsung ke pasar-pasar tradisional.

Sementara itu, Supervisor Principal PT Bina Karya Prima (BKP) Area Karesidenan pati membenarkan bahwa distribusi Minyakita hari ini (24/2) khusus untuk pedagang yang ada di Pasar Baru Kudus.

Berdasarkan masukan dari Kementerian Perdagangan maupun Dinas Perdagangan Kudus, masing-masing pedagang diberikan alokasi maksimal tujuh karton atau 84 liter.

Sementara target pedagangnya, kata dia, ada 60-an toko, namun masing-masing toko bisa membeli kurang dari alokasi tujuh karton karena disesuaikan dengan kemampuan pemilik tokonya.

“Dengan alokasi tujuh karton, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama sepekan. Nantinya akan ada droping lagi sesuai wajib pasok kebutuhan dalam negeri atau domestic market Obligation (DMO),” ujarnya. (srm)

 

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts