spot_imgspot_img

Kudus Sabet Penghargaan Penanganan Evakuasi Korban Bencana

KUDUS,suaramuria.com – Kabupaten Kudus sabet penghargaan Garda Siap Sigap Reaksi atas penanganan bencana alam dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten dan kota terbaik yang melaksanakan Pencarian, Penyelamatan dan Evakuasi (PPE) korban bencana, dalam lingkup pelayanan penyelamatan dan evakuasi.

Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, menggelar Penganugerahan Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana) Award Tahun 2022, di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta, pada malam ini, Selasa (20/12).

Kegiatan itu merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 101 Tahun 2018.

BACA JUGA : Rembang Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Peraturan itu mengatur arahan dan dukungan konkrit kepada pemerintah daerah untuk melindungi warga negara yang berada di kawasan rawan bencana maupun warga negara yang menjadi korban bencana melalui penyelenggaraan penanggulangan bencana berorientasi pelayanan dasar dengan tiga layanan.

Tiga layanan dasar itu terdiri dari Pelayanan Informasi Rawan Bencana (KIE sebagai salah satu sub-layanan), Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Gladi Kesiapsiagaan sebagai salah satu sub-layanan);,serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana (pencarian, pertolongan dan evakuasi sebagai salah satu sub-layanan).

Lima kategori penghargaan yang diberikan kepada Gubernur maupun Bupati/Walikota berprestasi dalam pemenuhan SPM Sub Urusan Bencana. Yang pertama Penghargaan Garda Siap Sigap Literasi, Garda Siap Sigap Aksi, Garda Siap Sigap Reaksi, Garda Siap Sigap Sakti, dan Garda Buana Utama.

Sedangkan Kabupaten Kudus berhasil menduduki urutan pertama penghargaan Garda Siap Sigap Reaksi, penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota terbaik yang melaksanakan Pencarian, Penyelamatan dan Evakuasi (PPE) korban bencana, dalam lingkup pelayanan penyelamatan dan evakuasi.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan penghargaan ini semakin memtoviasi seluruh aparatur Pemerintahan di lingkungan Pemkab Kudus untuk memberikan pelayanan saat terjadi bencana.

Pihaknya akan terus mengimplementasikan arahan dari Menteri Tito untuk penanggulangan bencana yang sistematis dan terintegrasi.

Hartopo menambahkan, pihaknya akan terus memperbaiki SPM (Standart Pelayanan Minimal). Dengan begitu penanganan bencana akan lebih terarah dan fokus pada target layanan yaitu pemenuhan hak konstitusional warga negara. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts