spot_imgspot_img

Kudus Segera Bentuk Tim Reaksi Cepat Bencana

KUDUS,suaramuria.comPemkab Kudus melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera membentuk tim reaksi cepat (TRC) penangulangan bencana.

Kalakhar BPBD Kudus Mundir mengatakan, tugas pokok dan fungsi TRC Penanggulangan Bencana dimulai dari saat pra bencana, keadaan darurat, hingga pasca bencana.

“Tim ini akan bertugas untuk mitigasi dan penanggulangan bencana dimulai dari status keadaan darurat bencana sampai masa pemulihan pasca bencana,” katanya.

BACA JUGA : Tak Hanya Bencana Alam, BPBD Perlu Berperan dalam Penanganan Bencana Sosial

Pembentukan tim reaksi cepat bencana ini mengemuka pada rapat koordinasi di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Disdukcapil, Rabu (15/2). Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kudus Hartopo, Dandim 0722/Kudus, perwakilan Kapolres Kudus, OPD terkait serta undangan lainnya.

Hartopo mengatakan, pembentukan tim ini penting sebagai bagian optimalisasi mitigasi dan penanggulangan bencana di Kabupaten Kudus.

“Saya berharap TRC ini nantinya bisa ada di desa-desa, sehingga ketika terjadi bencana, penanganan bisa segera berjalan,” ujarnya.

Hartopo menekankan pentingnya mitigasi bencana secara terintegrasi lintas OPD. Ia tak ingin tiap OPD berjalan sendiri-sendiri, atau bahkan ada yang lamban dalam melakukan mitigasi bencana.

“Harus terkoordinir secara cepat semua OPD bergerak sesuai tupoksinya ketika ada bencana. Tidak jalan sendiri, atau bahkan tidak tahu mau apa,” katanya.

Hartopo berharap, upaya mitigasi bencana segera terealisasi.

Ia juga mengapresiasi secara khusus para relawan yang sudah bekerja keras ketika terjadi bencana.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar OPD terkait dapat mendukung penuh apa yang telah dilakukan para relawan, terlebih sebagian besar personel TRC Kabupaten Kudus terdiri dari relawan.

“Terima kasih juga saya ucapkan bagi segenap relawan. Berkat adanya panjenengan kita dapat mengatasi kebencanaan yang terjadi selama ini. Saya harap ada dukungan penuh dari OPD terkait pada anggota relawan,,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts