spot_imgspot_img

Lagi, Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 1,4 Meter Ditemukan di Situs Purbakala Patiayam

KUDUS,suaramuria.com – Kawasan situs Purbakala Patiayam masih menyimpan fragmen fosil hewan-hewan purba. Warga kembali menemukan fosil gading gajah purba sepanjang 1,4 meter.

Fosil gading gajah purba itu ditemukan, Rabu lalu. Gading stegodong ini ditemukan Sa’di, warga Dusun Ngrangit, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, saat hendak membuka lahan untuk pertanian.

Staf konservator Museum Situs Purbakala Patiayam Jamin mengatakan, fosil temuan warga ini berukuran cukup besar.

BACA JUGA : Ada Temuan Baru Fosil Gajah Purba, Koleksi Museum Patiayam Bertambah

Petugas Museum Patiayam langsung meluncur ke lokasi ketika mendapat informasi penemuan fosil gading gajah purba ini.

“Petugas melakukan pengecekan pada Kamis, 10 Agustus lalu. Dari hasil identifikasi lokasi, petugas baru bisa mengangkat fosil tersebut pada Rabu, 16 Agustus lalu,” katanya.

Ia mengatakan, proses pengangkatan harus menggunakan bahan kimia. “Kami menggunakan polyeruthane untuk pengamannya. Kalau tidak pakai bahan itu tentu tak mungkin di angkat ke museum dengan utuh,” katanya.

Saat ini, fosil gading gajah purba tersimpan di Museum Purbakala Patiayam di Desa Terban.

“Dari hasil pengukuran fosil gading gajah purba ini memiliki panjang 1,4 meter dengan diameter 5 centimeter hingga 6 centimeter. Untuk lingkar gading antara 10 centimeter hingga 15 centimeter,” terangnya.

Sayangnya, kondisi fosil ini sudah tidak utuh. Ada sebagian fragmen fosil yang hilang yakni bagian pangkal dan ujungnya.

Ia memperkirakan usia fosil temuan warga itu antara 700 ribu hingga 1,5 juta tahun yang lalu. Keberadaan fosil itu tentu semakin menambah koleksi yang kini telah dimiliki oleh museum situs purbakala Patiayam.

“Untuk proses konservasi dibutuhkan waktu sekitar dua bulan karena rusak cukup parah. Tahap awal ini konservasi baru rekonstruksi,” terangnya.

Temuan itu menambah koleksi fosil gading gajah di Museum Patiayam Kudus. Data Museum menyebutkan, saat ini sudah ada sekitar 60-an fosil gading. Ukuran fosil gading gajah bervariasi mulai dari 20 centimeter hingga yang paling panjang mencapai 3,57 meter. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts