spot_imgspot_img

Lindungi Konsumen, Pemkab Rembang Tera Ulang Puluhan Ribu Timbangan

REMBANG, suaramuria.com – Pemerintah Kabupaten Rembang mulai melakukan tera berbagai jenis timbangan transaksi tahun 2023. Kick off kegiatan tera dan tera ulang tahun 2023 ditandai dengan pembubuhan cap tanda tera oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang, Fahrudin di Pasar Banggi Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Jum’at (27/1/2023).

Menurut Fahrudin, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah memberikan jaminan kepastian tertib ukur untuk perlindungan konsumen. “Kalau alat ukur di Rembang sudah tertib, insyallah segala hak- hak konsumen atas pembelian barang- barang memerlukan pengujian alat ukur semuanya terjamin kepastiannya. Termasuk melakukan tera di SPBU seperti ini, untuk memberikan kepastian bagi masyarakat yang membeli BBM,” ujarnya.

Di Kabupaten Rembang terdapat 13.448 alat ukur timbang. Jumlah tersebut tersebar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan SPBU Nelayan, timbang jembatan industri tambang hingga timbangan meja yang ada di pasar.

Selama tahun 2022, tera hanya menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.98 juta. Pasalnya tarif untuk tera memang tidak mahal, seperti timbangan meja hanya Rp.15 ribu. “Kalau di SPBU per noxel itu Rp.150 ribu, kalau timbangan jembatan tergantung kapasitas tonase antara Rp.1,5 juta sampai Rp2juta,” imbuhnya.

Sekda Fahrudin menegaskan pemerintah tidak hanya berpikir tentang pendapatan, tetapi yang lebih mengedepankan pelayanan masyarakat. “Jadi tidak usah takut terkait pendapatan tidak tercapai, ini menyangkut pelayanan publik. Terkait retribusi itu kita tidak harus memperoleh pendapatan yang sebanyak- banyaknya, akan tetapi bagaimana masyarakat terlayani jadi tidak bentuk uang yang masuk tapi pelayanan,” ungkapnya.

Lindungi Konsumen, Pemkab Rembang Tera Ulang Puluhan Ribu Timbangan 01

Harno pemilik SPBU di depan pabrik sepatu itu menyampaikan terima kasih atas kerjasama dari Pemkab Rembang dalam hal tera ulang. “Kalau sudah ditera kan berarti takarannya pas. Selain tera ulang dari pemkab, tiap bulan juga ada pengecekan dari pertamina.  Jadi jangan ragu beli BBM di SPBU,” tandasnya.(srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts