spot_imgspot_img

Manfaatkan Dunia Digital, PT PMN Latih UMKM Naik Kelas

PATI, suaramuria.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengajak pelaku UMKM untuk naik kelas melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha. Mereka dilatih memanfaatkan dunia digital untuk mengembangkan usahanya.

Pemimpin PNM Cabang Pati Ade Cresna Setyawan mengatakan, pihaknya menggelar pelatihan community leaders bertajuk “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas”.

Ratusan peserta baik dari pelaku UMKM serta pendamping nasabah PNM Mekar mengikuti kegiatan yang digelar di Hotel Griptha Jumat (17/2).

BACA JUGA : Hore! UMKM hingga Alumni BLK di Kudus Terima Bantuan Peralatan

Ade Cresna Setyawan selaku Pemimpin PNM Cabang Pati mengatakan, kegiatan community leader digelar untuk menyiapkan pendamping bagi UMKM dalam memanfaatkan media sosial. Khususnya dalam pengembangan usahanya melalui dunia digital.

“Karena saat ini medsos menjadi pangsa pasar besar yang harus dirambah. Kami siapkan tim pendamping untuk membantu para pelaku UMKM tersebut. Jadi kalau masih ada yang belum melek digital, agen kami itulah yang akan mengajarinya,”ujarnya.

Para pelaku UMKM itu akan diberi pendampingan secara bertahap. Mulai dari foto produk, pembuatan branding dan packaging hingga pemanfaatan marketplace sebagai ruang pasar yang baru.

“Langkah ini sudah kami lakukan sejak pandemi lalu. Dan hasilnya para pelaku UMKM yang memanfaatkan dunia digital justru mengalami kenaikan yang begitu signifikan. Ini adaptasi yang baik dan harus dilanjutkan,” tegasnya.

Selain itu, para pelaku UMKM juga ikut diberikan pelatihan menjahit kain perca secara gratis. Langkah ini diberikan untuk memberikan pengembangan ketrampilan bagi pelaku UMKM sehingga bisa memunculkan inovasi terbarunya.

“Kami memang berkomitmen memberikan tiga modal sekaligus. Selain modal finansial yang sudah dilakukan saat ini, juga modal intelektual lewat pelatihan gratis serta modal sosial yakni jejaring maupun pengembangan pendampingan sosial,” katanya. (srm)

 

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts