spot_imgspot_img

Melihat Tradisi Sembahyang Rebutan di Lasem

LASEM, lasem.id – Untuk memberikan penghormatan kepada arwah leluhur, warga Tionghoa menggelar Sembahyang Rebutan di Klenteng Cuan Kiong Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah, Kamis 30 Agustus 2023. Perayaan yang dikenal juga dengan nama Festival Bulan Hantu (鬼月; Gui Yue), atau bulan ke-7 (七月; Qi Yue) ini selalu jatuh setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek.

Usai sembahyang sekitar pukul 16.00 WIB prosesi berbagi sesaji yang berisi sembako mulai berjalan. Warga yang sudah menunggu di luar klenteng sejak pukul 15.30 WIB antusias mengambil sembako tersebut. Sembako menjadi rejeki bagi mereka untuk persediaan kebutuhan rumah tangga sehari- hari.

Melihat Tradisi Sembahyang Rebutan di Lasem
Melihat Tradisi Sembahyang Rebutan di Lasem

Damiyatun salah seorang warga ymenuturkan selalu datang saat sembahyangan leluhur di klenteng Cu An Kiong ini. Kali ini, ia mendapat beras lima kilogram.

Iya tadi rebutan ini dapat beras satu karung, senang kita warga tidak punya, janda saya mas. Alhamdulillah beras ini untuk dimasak sendiri, iya selalu datang ke sini kalau pas ada sembahyangan di klenteng, lumayan mas, ” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Sembahyangan Rudi Hartono menjelaskan sembahyang rebutan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Sembahayang kali ini untuk memberikan penghormatan kepada arwah para leluhur.

Sembahyang rebutan ini tujuan utamanya menyembahyangi arwah- arwah leluhur yang keluarganya tidak menyembahyangi bisa merasakan nikmatnya makanan yang kita sajikan. Setelah itu untuk masyarakat disekitar klenteng ,umumnya lasem yang merasa kurang mampu juga bisa merasakan kebutuhan pokok yang kita sediakan, ” terangnya.

Dalam kegiatan ini, pabitia menyediakan paket sembako beras 5 kg, mie instan dan minyak goreng. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts