spot_imgspot_img

Menawan Mantu, Kenduri Warga Nguri-uri Budaya Desa

KUDUS,suaramuria.com –Warga Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus punya gawe besar. Menawan Mantu, menjadi ajang kenduri warga untuk terus melestarikan budaya kearifan lokal.

Kepala Desa Menawan Tri Lestari mengatakan, pihaknya terus berkomitmen menjaga budaya desa yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Selain menjaga budaya agar terus lestari, pihaknya bersama masyarakat kini juga tengah bekerja keras menghijaukan Desa Menawan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

BACA JUGA : Atraksi Ondo Pring, Tradisi Unik ‘Mblongsong’ Jambu di Desa Menawan

“Kami berkomitmen akan terus menjadikan Desa Menawan sebagai bumi hijau yang lestari, berkah, migunani dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Dengan demikian, manfaat yang dihasilkan akan dirasakan untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Bupati Kudus Hartopo yang menghadiri kenduri dan sedekah bumi Desa Menawan, Selasa (6/6) siang, menuturkan, tradisi dan kebudayaan harus terus diuri-uri dan dipertahankan agar dapat diwariskan pada generasi mendatang sebagai suatu identitas yang dimiliki,” katanya.

Antusiasme Warga

Ia secara khusus mengapresiasi antusiasme masyarakat Desa Menawan untuk melestarikan kebudayaan dari nenek moyang dengan menggelar kenduri dan sedekah bumi.

Menurutnya, tradisi tersebut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia yang diberikan untuk Desa Menawan.

“Kami mengapresiasi atas antusias masyarakat dalam nguri-uri (melestarikan – Red) kebudayaannya. Menawan mantu ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberi limpahan karunia dalam bentuk kekayaan sumber daya yang ada,” katanya.

Ia berharap kegiatan pelestarian kebudayaan terus diselenggarakan sebagai salah satu upaya memberikan penghormatan kepada leluhur. Selain itu, kegiatan semacam ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama karena adanya guyub antar masyarakat.

“Melestarikan kebudayaan yang ada adalah bentuk penghormatan kepada leluhur, semoga kegiatan semacam ini dapat selalu dipertahankan. Ini bagian dari silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dengan adanya guyub rukun antar masyarakat,” harapnya.

Bupati juga meminta kepada Pemdes Menawan untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki dengan terus berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan Desa Menawan.

Pada kesempatan itu, Hartopo menyempatkan diri meninjau Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) milik Desa Menawan.

TPS 3R merupakan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayaan kompos yang lebih efektif dan efisien (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts