spot_imgspot_img

Miris, Siswa SD di Pati ini Belajar di Tempat Parkir

PATI,suaramuria.com – Siswa sekolah dasar negeri (SDN) 1 Kebonsawahan, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati terpaksa belajar di tempat parkir. Pasalnya, ruang kelas mereka mengalami kerusakan.

Total Ada lima ruangan yang mengalami kerusakan di sekolah itu.

Siswa kelas enam dan tiga pun terpaksa belajar di tempat parkir motor sekolah tersebut. Namun sekalipun harus belajar tanpa tertutup sepenuhnya, para siswa tetap semangat menuntut ilmu.

BACA JUGA : Paska Terendam Banjir, Kondisi SD 1 Setrokalangan Rusak Parah 

Hal itu terpaksa dilakukan pihak sekolah lantaran atap bangunan sekolah negeri tersebut banyak yang jebol. Sehingga mereka khawatir akan ambrol saat digunakan kegiatan belajar mengajar.

Kepala SDN 1 Kebonsawahan Jani Sumito mengatakan, kerusakan bangunan sekolah telah terlihat sejak akhir tahun 2021. Ia mengatakan, ruangan yang kerusakan adalah kelas 3,4,6 dan dua ruang guru.

“Saat hujan turun lima ruang tersebut bocor,” ujarnya

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah berupaya menopang atap yang berlubang dengan bambu. Namun untuk menjaga keamanan, para siswa yang ruang kelasnya rusak telah dialihkan sementara.

Seperti kelas 6 dan kelas 3 untuk belajarnya telah dialihkan ke lokasi parkiran. Untuk siswa kelas 5 dialihkan di ruang komputer. Sedangkan ruang guru sementara dialihkan ke perpustakaan sekolah. Total ada 193 siswa di SDN 1 Kebonsawahan.

“Dampak kami rasakan kami rekan guru beserta murid tidak berani masuk ke dalam kelas. Untuk kelas dan 3 terpaksa belajar di tempat parkir,” ujarnya.

Pihaknya sudah melaporkan kerusakan tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pati. Bahkan Penjabat Bupati Pati juga telah meninjaunya.

Minta Bantuan

Ia berharap agar segera ada tindaklanjut terkait kerusakan tersebut.

“Kami berusaha minta bantuan melalui dapodik, dalam perjalanan tidak ada respons dari pemerintah pusat. Kami membuat proposal ke dinas itu juga tidak ada respons,” tutur Jani.

Terpisah, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat meninjau kerusakan sekolah itu menyebut akan segera mengatasi dan mengkomunikasikan dengan cepat bersama Disdikbud, demi kenyamanan dan keamanan murid-murid SDN 1 Kebonsawahan.

“Banyak jalan keluar yang bisa kita tempuh,” ujarnya.

Yang terpenting, kata dia,  bagaimana anak-anak bisa belajar dengan aman, hanya tinggal atasnya saja yang perlu diperbaiki karena pada bocor.

“Langsung segera kami carikan orang untuk memperbaiki ruang kelas agar tidak semakin membayakan para siswa,” ujarnya. (srm)

 

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts