spot_imgspot_img

Pacu Digitalisasi Arsip, Serapan Anggaran Dinas Arpus Pati Tinggi

PATI,suaramuria.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Pati memacu digitalisasi arsip untuk mengoptimalkan pelayanan. Salah satunya melalui inovasi aplikasi Arsip Digital Letter C (Ardilec).

Aplikasi itu dimaksimalkan dalam pengumpulan dokumen milik pemerintah baik di tingkat kabupaten maupun desa.

Sekretaris Dinas Arpus Kabupaten Pati Iwan Trisno mengatakan, Dinas Arpus menargetkan dua sasaran layanan yakni peningkatan digitalisasi dan akses masyarakat terhadap dokumen atau arsip daerah dan peningkatanminat baca masyarakat Kabupaten Pati.

BACA JUGA : Aplikasi Saka Instan Siswa Salafiyah Pati Raih Juara Internasional

Dua sasaran ini mampu mendongkrak serapan anggaran mencapai  86 persen hingga akhir November lalu.

Dia mengatakan, total anggaran Dinas Arpus mencapai Rp 4.223.446.000. Hingga 30 November 2022, realisasi anggaran telah terserap mencapai Rp 3.718.171.173, atau sekitar 86 persen.

“Kalau dalam rakor kemarin kami peringkat 11 dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Jadi masuk kategori serapannya tinggi,”katanya.

Untuk progam peningkatan digitalisasi dan akses masyarakat terhadpa dokumen atau arsip, pihaknya bahkan telah membuat inovasi aplikasi Ardilec. Aplikasi itu dimaksimalkan dalam pengumpulan dokumen milik pemerintah baik di tingkat kabupaten maupun desa.

“Aplikasi ini kami gulirkan utama untuk penyelamatan dokumen. Dokumen yang ada di desa maupun desa akan disimpan dalam bentuk digital. Sehingga saat ada kepentingan bisa lebih memudahkan,” katanya.

Sementara dalam rangka peningkatan layanan perpustakaan, Dinas Arpus juga telah membuat inovasi I-Pati Pintar.

Aplikasi perpustakaan online yang diinisiasi Dinas Arpus. Menariknya di aplikasi itu juga terdapat sejumlah buku yang menceritakan tentang sejarah hingga hasil penelitian di Pati.

“Aplikasi itu sudah bisa diunduh di playstore . Berkat aplikasi itu kami bahkan mendapatkan peringkat tertinggi lomba inovasi daerah,” katanya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts