spot_imgspot_img

Pahami Empat Pilar, Pelajar Wajib Kenang Perjuangan Pendiri Bangsa

JEPARA, lasem.id – Perjuangan para pendiri bangsa perlu terus diteladani oleh generasi muda, terutama oleh para pelajar. Salah satunya dengan memahami empat pilang kebangsaan.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengaja para pelajar untuk terus menerus mengenang perjuangan para pendiri bangsa.

Ia memandang perlunya para pelajar untuk mendalami sejarah Indonesia.

BACA JUGA : Tangkal Radikalisme, Kanzus Sholawat Gelar Kirab Merah Putih

“Pelajar perlu mengkaji sejarah nasional Indonesia agar kita tidak lupa memaknai perjuangan para pendiri bangsa,” katanya pada dialog kebangsaan di SMKN 3 Jepara, Senin (28/8).

Dialog yang diikuti ratusan siswa dan guru, serta pengawas sekolah. Hadir pula Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Arm Syarifudin, dan Kepala Bakesbangpol Lukito Sudi Asmara, Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono.

Edy mengatakan, ada empat pilar kebangsaan yang harus terus dirawat yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Ia menegaskan pentingnya menjaga keempat pilar tersebut terlebih di masa kini dimana informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Sebab dengan kemajuan teknologi dan media sosial, marak oknum yang menggunakannya tanpa tanggung jawab. Seperti informasi palsu, ujaran kebencian, dan sebagainya.

“Untuk itu gunakan media sosial dengan bijak, jangan mengakses hal-hal yang tidak baik,” pesannya.

Menyambut pemilihan umum serentak 2024 nanti, Edy berpesan kepada para siswa sebagai pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih sesuai hati nurani.

“Jangan sampai terlibat black campaign, dan ikut menyebarkan informasi bohong untuk menjatuhkan salah satu pihak. Juga hindari politik uang,” ujarnya.

Kepala SMKN 3 Jepara Sunaji mengatakan, dengan dialog kebangsaan ini para siswa diharapkan semakin memahami peran penting para pejuang pendiri bangsa. Dengan begitu, mereka termotivasi untuk menjaga empat pilar kebangsaan. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts