spot_imgspot_img

Pasar Sumber Rembang Raih Predikat Pasar SNI

REMBANG, lasem.id – Pasar tradisional Desa Sumber, Kecamatan Sumber, resmi menjadi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI). Sertifikat SNI itu diserahkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Ratna Kawuri di kantornya, Rabu (27/12/2023).

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dindagkop dan UKM) Kabupaten Rembang, M. Mahfudz mengungkkapkan pasar yang bersertifikat SNI ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ini upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik utamanya sarana prasarana pasar. Karena SNI ini adalah salah satu indikatornya memenuhi standart keamanan, ketertiban, kebersihan, MCK, drainase dan kesehatan, ” ungkapnya.

Sarana prasarana di Pasar Sumber terbilang bersih, lebih tertata. Ada zonasi / pedagang tidak campur ada makanan basah, makanan kering, pakaian terpisah.

Pengelola pasar juga menyediakan ruang kesehatan, ruang laktasi (ibu menyusui) dan fasilitas ramah disabilitas. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sarana MCK yang bersih, penerangan dan keamanan cukup.

Mahfudz menilai pasar SNI bukan pada mahalnya infrastruktur tetapi pada sarana prasarana pendukung dan pemberian edukasi menjaga kebersihan kepada pedagang.

Pihaknya berharap setelah Pasar Tradisional Desa Sumber, diikuti pasar-pasar desa lainnya.

Pasar yang terbangun baru misalnya di Gunem, Tegaldowo, di Pandangan, di Kragan, di Sarang dan di Sedan ini memungkinkan kita dorong untuk menuju SNI,” pungkasnya. (rd/red)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts