spot_imgspot_img

Pemkab Pati Usulkan Anggaran Perluas TPA Plosojenar

PATI,suaramuria.comPemkab Pati melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengusulkan perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Plosojenar. Kepala DLH Tulus Budiharjo menuturkan, TPA di Desa Plosojenar, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati itu mendesak untuk diperluas.

Tulus mengatakan, pihaknya tengah mengusulkan alokasi anggaran melalui perubahan APBD 2023.

“Tahun ini sudah dialokasikan anggaran Rp 160 juta. Hanya saja anggaran itu digunakan untuk penambahan alat berat. Untuk perluasan lahan kami upayakan melalui Perubahan APBD 2023,” katanya.

BACA JUGA : Kudus Carikan Investor Kelola Sampah TPA Tanjungrejo, Ada Yang Minat?

Ia mengatakan, rencana penambahan lahan akan memanfaatkan lahan sisa yang berada di sisi selatan TPA. Masih ada lahan seluas setengah hektare di lokasi itu yang bisa dioptimalkan untuk penampungan sampah.

“Pemkab Pati masih mempunyai lahan di sana. Kemungkinan kami akan gunakan lahan sisa tersebut,” jarnya

Hanya saja, kata Tulus, rencana perluasan lahan itu masih menemui kendala.  Tidak ada akses jalan menuju lahan yang menjadi target perluasan tersebut.

“Karena anggaran yang ada saat ini sudah dialokasikan untuk pembelian alat berat, maka kami butuh tambahan anggaran untuk rencana perluasan ini,” ujarnya.

Tulus menerangkan saat ini keberadaan alat berat yang ada di TPA hanya ada satu saja.

Pasalnya untuk mengoptimalkan kerja TPA seluas 1,3 hektare pihaknya memerlukan tambahan alat berat.

Penggunaan alat berat disamping digunakan sebagai alat pengeruk sampah, juga dimanfaatkan membuka akses lahan baru.

Keberadaan sampah di TPA Plosojenar memang menjadi perhatian belakangan ini. Sejumlah protes bahkan sempat dilayangkan kepada DLH Pati.

Penduduk desa saat itu memprotes adanya sampah dari TPA Plosojenar tumpah ke sawah milik mereka. Ini lantaran daya tampung sampah di TPA kurang memadai.

“Kami sudah akomodasi, nanti kerugiannya akan dihitung tim tersendiri. Kami sudah wacanakan ganti rugi. Positif ganti rugi juga saat anggaran perubahan juga,” ujarnya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts