spot_imgspot_img

Pemkab Rembang Diganjar Penghargaan Universal Health Coverage

REMBANG, suaramuria.comPemerintah Kabupaten Rembang mendapatkan penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wakil Bupati Rembang Hanies Cholil Barro’ di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Wakil Bupati Rembang menjelaskan pemberian penghargaan UHC karena lebih dari 95 persen warga Rembang terjamin pembiayaan kesehatannya. Melalui skema Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Capaian tersebut dihitung  hingga per 1 Maret 2023.

Kabupaten Rembang telah mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan sejak September 2022 lalu. Per Februari 2023, sebesar 96,07% atau sebanyak 621.536 jiwa penduduk Kabupaten Rembang telah mempunyai jaminan kesehatan,” ujarnya.

Gus Wabup mengungkapkan kesehatan merupakan hak dasar setiap warga dan menjadi salah satu fokus penyelenggaraan pemerintahan. Pihaknya ingin memastikan seluruh warga Kabupaten Rembang memiliki jaminan kesehatan yang baik.

Program JKN menjadi pilihan karena dinilai cukup komprehensif untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.” tambah Wabup Hanies.

Gus Hanies berharap agar warga Kabupaten Rembang yang belum terdaftar sebagai peserta JKN dapat melakukan pendaftaran. Agar cakupan kepesertaan JKN terus meningkat.

Bagi warga yang mampu dapat mendaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) maupun peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Sedangkan bagi yang kurang mampu dapat mendaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah maupun peserta Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Wahyu Giyanto menginformasikan saat ini di Kabupaten Rembang sudah tersedia 79 fasilitas kesehatan. Ketujuh puluh faskes tersebut meliputi 50 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 25 fasilitas penunjang (apotik, laboratorium dan optik) serta 4 rumah sakit.

Harapannya seluruh penduduk Kabupaten Rembang yang sudah menjadi peserta JKN dapat mendapatkan akses kesehatan yang mudah,” tuturnya.

Dorong Target RPJMN

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan terimakasih komitmen Pemda dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN.

Targetnya 98% penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan
iuran penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah. Sampai dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90% dari seluruh penduduk Indonesia, ” pungkasnya. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts