spot_imgspot_img

Pemkab Rembang Pastikan 18 Anak Lulus Stunting

REMBANG, suaramuria.comPemerintah Kabupaten Rembang memastikan 18 anak lulus dari stunting melalui berbagai program penanggulangan stunting.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Prapto Raharjo saat rapat evaluasi sedekah telur di aula BAPPEDA Kabupaten Rembang, Senin (9/10/2023).

Prapto menyebut 18 anak yang lulus stunting berasal dari tiga kecamatan. Meliputi tujuh anak di Lasem, tujuh dari Kecamatan Gunem dan tiga di Sulang. Belasan anak yang menjadi sasaran intervensi itu sudah tidak lagi tergolong stunting berdasarkan pantauan dan pemeriksaan rutin. Dari pengukuran tinggi dan berat badan sudah mengalami kenaikan secara signifikan.

“Dengan kenaikan itu di data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), data dari kader melalui posyandu setiap bulannya. Mereka sudah tidak kekurangan gizi energi kronis yang merupakan penyebab dari permasalahan stunting,” terangnya.

Keberhasilan ini menurutnya karena berbagai program untuk penanganan stunting. Mulai Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsat), Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak- anak stunting secara gratis dan inovasi Telponi (Temokno Laporno dan Openi) untuk stunting.

“Dari dana desa juga ada PMT untuk anak- anak stunting, kemudian didukung juga oleh gerakan sedekah telur. dari program- program ini sangat membantu untuk pengentasan stunting, semuanya jalan, ” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ mengatakan setelah empat kali hasilnya baik dan 2 ribu lebih anak stunting sudah mendapatkan bantuan 14 telur setiap kali kegiatan. Jumlah perolehan telur setiap minggu mengalami naik turun, mengingat program ini bersifat sukarela. Oleh karena itu pemerintah melakukan sistem tambal sulam sehingga distribusi lebih merata.

“Sistemnya tambal sulam, di wilayah lain yang kelebihan telur kita distribusikan ke yang kurang,” pungkasnya. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts