spot_imgspot_img

Pemkab Rembang Tingkatkan Kemitraan Pelaku UMKM dan Usaha Besar

REMBANG, lasem.id – Untuk meningkatkan kemitraan antara pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan usaha skala besar, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Rembang menggelar sebuah forum yang mengumpulkan puluhan pelaku UMKM dengan usaha menengah dan besar Senin (19/2/2024).

Menurut Kepala DPMPTSP Kabupaten Rembang, Budiyono, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan kemitraan antara pelaku UMKM dengan pelaku usaha skala besar. Pihaknya mengundang Beberapa perusahaan besar seperti Alfamart, Indomaret, dan BUMN Semen Gresik.

Salah satu harapan dari kegiatan ini adalah agar UMKM dapat terlibat dalam lingkaran usaha besar yang ada di Rembang. Contohnya adalah produk UMKM lokal dapat dipasarkan di toko-toko modern seperti Alfamart dan Indomaret.

Budiyono juga menekankan bahwa pola kemitraan ini tidak hanya berlaku di sektor perdagangan, tetapi juga dalam rantai pasok atau supply chain. Misalnya, dalam industri pengolahan ikan, suplai ikan untuk bahan produksi diharapkan lebih memprioritaskan nelayan lokal.

Menurutnya, hubungan antara pelaku usaha besar dengan UMKM sudah berjalan, namun, melalui kegiatan ini, hubungan tersebut akan lebih diperkuat sehingga akan terlihat secara detail.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Rembang, M. Mahfudz, dan Natali dari DPMPTSP Jawa Tengah menjadi narasumber dalam acara tersebut. Selain pemaparan dari kedua narasumber, pelaku UMKM dan perwakilan usaha skala besar berdiskusi sampai kegiatan selesai.

Dengan adanya fitur kemitraan Online Single Submission (OSS) yang rilis tahun sebelumnya dapat memudahkan pelaku usaha dalam melihat dan mengembangkan kemitraan yang telah terjalin.

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts