spot_imgspot_img

Pengadaan Lahan SIHT Batal, Ini Langkah Pemkab Fasilitasi Produsen Rokok Kecil

KUDUS, suaramuria.com –  Pengadaan lahan untuk Sentra Industri Hasil Tembakau (SIHT) Kudus yang dialokasikan melalui anggaran DBHCH tahun ini dipastikan batal. Sebelumnya, Pemkab Kudus melalui Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM telah memiliki tiga alternatif calon lokasi SIHT.

Namun hingga akhir tahun itu, rencana pengadaan lagan SIHT tak kunjung terealisasi. Bupati Kudus Hartopo memastikan pengadaan lahan untuk SIHT tahun ini batal.

Namun, kata Hartopo, pembangunan gedung SIHT akan tetap direalisasikan pada tahun anggaran 2022.

Pemkab Kudus menyiapkan opsi untuk membangun SIHT di lahan milik Pemkab Kudus di Kecamatan Jekulo, Kudus.

Hartopo mengatakan, anggaran yang ada akan dialihkan untuk membangun gedung di lahan yang sudah ada.

“Niatnya membeli lahan agar aset milik Pemkab Kudus bertambah. Namun karena berbagai pertimbangan, rencana itu batal. Anggaran yang ada akan kami alihkan untuk langsung membuat gedung di lahan aset Pemkab di belakang Mapolres Kudus di Jekulo,” katanya.

Sebelum ini, Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus, telah menentukan calon lokasi bakal pembangunan SIHT di Kudus. Calon lokasi SIHT berada di Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Keputusan tersebut sudah melalui sejumlah studi kelayakan dan studi administrasinya. Tahapan tersebut sudah dilakukan tim verifikator bentukan Pemkab Kudus beberapa waktu lalu.

Wacana pembangunan gedung SIHT di lahan aset Pemkab yang sudah ada sebelumnya dilontarkan Ketua DPRD Kudus Masan.

Masan berpendapat dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada, Pemkab bisa lebih menghemat anggaran.

“Jadi tak perlu keluar anggaran yang sudah ada. Toh banyak lahan yang menganggur seperti di belakang Mapolres. Jika terealisasi, gedung SIHT juga akan lebih menghidupkan kawasan timur Kabupaten Kudus,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts