spot_imgspot_img

Perayaan Cap Go Meh, Bupati Kudus Semringah Ikut Main Liong

KUDUS,suaramuria.com – Ada yang berbeda dari perayaan Cap Go Meh di Klenteng Hok Hien Bio, desa Getaspejatan, kecamatan Jati, Minggu (5/2) malam. Bupati Kudus Hartopo didapuk untuk ikut bermain liong.

Aksi orang nomor satu di Kudus itu sontak membuat penonton riuh dan bersorak sorai.

Guyubnya bupati bersama warga masyarakat Tionghoa seolah ingin menunjukkan kuatnyaikatan toleransi di Kabupaten Kudus. Maka, tak heran bila kota Kretek menjadi kota yang nyaman dan aman untuk ditinggali.

BACA JUGA : Banjir Tak Halangi Kelenteng Hok Tik Bio Sambut Imlek

Ketua Perayaan Cap Go Meh Tjia Eng Bie menyambut gembira bupati Kudus tak hanya datang menghadiri sebagai tamu undangan saja, tetapi juga antusias ikut memainkan tarian Liong.

Ia menuturkan, tema yang diangkat tahun ini adalah Merawat Budaya dan Persatuan Bangsa.

Ia merasakan, Kudus merupakan kabupaten yang toleran. Hal itu dibuktikan dengan dukungan yang diberikan oleh bupati Kudus tiap ada kegiatan warga masyarakat Tionghoa.

“Dalam beberapa kegiatan kami, Pak Bupati ini selalu meluangkan waktu untuk hadir. Inilah mengapa kami merasa bahwa Pak Bupati sosok pengayom. Semoga semangat beliau menjaga toleransi di Kudus selalu berapi-api,” jelasnya

Liong merupakan hewan mitologi berupa naga perlambang Dewa Kebijaksanaan. Liong juga dipercaya sebagai tolak bala dan pengusir kesialan.

Ujung Tombak

Bupati Hartopo menekankan toleransi sebagai ujung tombak kehidupan bermasyarakat karena tanpa toleransi kondusifitas tak akan pernah terjadi.

“Ini kita sama-sama ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh. Pada dasarnya, mari kita perkuat toleransi. Kudus ini, kan, pusatnya toleransi,” katanya.

Meski berbeda baik dari gagasan, suku, ras, dan budaya, dengan toleransi semua akan bersatu. Sehingga, masyarakat paham bahwa persatuan itu menyejukkan.

“Ini yang terus kita gaungkan. Kenyataannya, kita saling membutuhkan satu sama lainnya. Harapannya, hubungan baik ini bisa terus berlanjut,” katanya.

Hartopo mendoakan perayaan Cap Go Meh ini membawa berkah bagi warga masyarakat Tionghoa di Kabupaten Kudus.

“Semoga selalu mendapatkan kemudahan rezeki, kesehatan, dan sukses selalu,” katanya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts