spot_imgspot_img

Petani Usul 4 Kilometer, Normalisasi Kali Londo Hanya Dikabulkan 1,5 Kilometer

KUDUS,suaramuria.com – Normalisasi Kali Londo di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus mulai dikerjakan untuk mengurangi dampak banjir di wilayah itu.

Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Fitra S mengatakan, normalisasi Kali Londo dilakukan hingga sekitar tiga minggu ke depan.

Pihaknya mengatakan dari 4 kilometer yang diajukan para kepala desa di Kecamatan Undaan, BBWS baru bisa mengeruk untuk normalisasi sepanjang sekitar 1,5 km Sungai Londo.

BACA JUGA : Sering Memicu Banjir, Fungsi Sungai Perlu Dikembalikan

Panjang pekerjaan itu dihitung mulai Jembatan Wonosoco sampai dengan Jembatan Prawoto.

“Normalisasi ini dilakukan atas permintaan dari empat kepala desa di wilayah Kecamatan Undaan,” katanya, Selasa (13/6).

Bupati Kudus Hartopo mengecek proyek normalisiasi, Selasa Pagi. Meski panjang sungai yang dinormalisasi tak seperti yang diharapkan, setidaknya itu bisa mengurangi potensi banjir di wilayah Undaan.

Hartopo mengatakan, pengerukan sungai itu sangat dibutuhkan. Sebab, normalisasi dapat mengatasi genangan air di area persawahan warga saat musim penghujan.

“Banjir di Wonosoco itu karena sedimentasi tanah atau pendangkalan di Kali Londo. Jadi normalisasi sekitar 1,5 kilometer mengatasi banjir area persawahan,” terangnya.

Dampak positif normalisasi akan dirasakan sebanyak 3.479 petani Desa Wonosoco dan sekitarnya. Sementara itu, sekitar 2.181 hektar lahan sawah akan terhindar dari genangan air saat musim penghujan.

Lebih lanjut, bupati akan terus berkoordinasi agar normalisasi dilakukan sampai laut daerah Juwana. Sehingga daya tampung Kali Londo bertambah, dan mencegah banjir di area sawah Undaan.

“Kami akan terus berkoordinasi supaya normalisasi ini diteruskan. Tidak berhenti di sekitar sini saja,” lanjutnya.

Selain normalisasi, Hartopo juga mengupayakan pembangunan embung dan waduk. Rencana itu sudah disampaikan langsung kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Presiden Joko Widodo.

“Saya sudah berkomunikasi langsung dengan Pak Presiden dan Pak Menteri. Insyaallah, kami mengupayakan yang terbaik untuk mengatasi banjir di Kudus,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts