spot_imgspot_img

Polisi Datangi Sekolah Ajak Pelajar Tertib Lalu-Lintas

KUDUS,suaramuria.com – Tak hanya menggelar razia penertiban di jalan raya, anggota Polres Kudus juga turun ke sekolah. Polisi memberikan sosialisasi dan mengajak pelajar tertib lalu-lintas.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kudus terus melakukan upaya preemtif selama gelaran Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023.

Salah satunya dengan menggelar Dikmas Lantas di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kudus.

BACA JUGA : Tertib Lalu-lintas, Pengendara Motor Dapat Kejutan Hadiah dari Polisi

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo mengatakan, Dikmas Lantas adalah segala kegiatan yang meliputi segala usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan serta keikutsertaan masyarakat supaya aktif dalam upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Sat Lantas Polres Kudus sebelumnya sudah menggelar Dikmas Lantas di sekolah-sekolah, ada 4 sekolah yang berkesempatan kami kunjungi,” kata AKP Ivan Prabowo, Sabtu (18/2/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan Dikmas Lantas dilakukan oleh personel Sat Lantas dengan menjadi pembina upacara bendera di sekolah yang dikunjungi. Sekolah yang dikunjungi diantaranya adalah SMK Muhammadiyah Kudus, SMA 1 Jekulo, SMK Ma’arif Kudus dan MA NU Hasyim Asy’ari 3 Kudus.

Dalam amanat yang disampaikan, personel Kepolisian menekankan tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan memakai kelengkapan keamaman seperti sabuk pengaman maupun helm pada saat berkendara. Hal ini dimaksudkan agar tumbuh disiplin berlalu lintas di kalangan pelajar sejak dini.

“Personel juga menyampaikan larangan melakukan balap liar, karena selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, juga rawan terjadi kecelakaan karena dilakukan di jalan umum,” ujarnya.

AKP Ivan berharap, dengan pelaksanaan Dikmas Lantas di kalangan pelajar, akan memupuk kesadaran perilaku bahwa keselamatan adalah yang paling utama ketika berkendara. Sehingga kedepan diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh faktor human eror.

“Sesuai dengan tema Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 yakni Keselamatan adalah yang pertama dan paling utama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Kudus Ipda Turmudi mengatakan, Operasi Keselamatan Candi 2023 dilakukan untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas di tengah masyarakat, khususnya warga Kabupaten Kudus.

Pelanggaran Kasatmata

Sasaran dalam Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 ini adalah segala jenis pelanggaran yang kasatmata. Seperti tidak menggunakan kelengkapan berkendara, melawan arah, serta potensi gangguan lain yang dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Pelaksanaan operasi dimulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023, dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” ucapnya.

Ipda Turmudi menyebut, pihaknya terus mengkampanyekan keselamatan berkendara kepada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan imbauan melalui selebaran dan meme yang disebar di media online maupun media sosial resmi Polres Kudus.

Hal ini dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya tertib lalu-lintas dan mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan, sehingga diharapkan akan tercipta keamanan, ketertiban, dan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal disiplin tertib berlalu lintas untuk keamanan, ketertiban dan keselamatan berlalu lintas,” kata Ipda Turmudi mengakhiri. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts