spot_imgspot_img

Proyek Taman Menara Ditarget Rampung 25 Desember, Jumlah Ojek Wisata Dibatasi

KUDUS,suaramuria.com – Proyek revitalisasi Taman Menara Kudus hampir rampung. Pemkab Kudus menargetkan proyek itu tuntas 25 Desember 2022. Setelah jadi, tempat itu masih menyisakan ruang untuk ojek wisata.

Asisten Bidang Perekonomian Djatmiko Muhardi menuturkan, jumlah ojek wisata di Taman Menara nantinya akan dibatasi.

“Hanya untuk shelter saja. Jumlah ojek wisata yang mangkal disini akan dibatasi,” katanya.

BACA JUGA : Rencana Revitalisasi Taman Menara, Giliran Pedagang Terminal Wisata Protes

Ia menambahkan, Pemkab Kudus berencana melakukan rekayasa lalu-lintas dengan membuat arus kendaraan di Jalan Sunan Kudus menjadi satu arah. Kebijakan itu seiring akan rampungnya proyek penataan taman Menara Kudus.

Djatmiko Muhardi menuturkan, saat ini jalan Sunan Kudus mulai perempatan Jember ke timur masih diperuntukkan dua arah bagi kendaraan bermotor. Saat ini Pemkab Kudus tengah menyusun Perbup untuk mengubah jalur tersebut menjadi satu arah saja.

“Rencananya seperti itu menjadi satu arah untuk semua kendaraan. Jadi jalan Sunan Kudus nantinya untuk satu arah kendaraan baik mobil atau motor yang melaju dari arah barat ke timur,” katanya.

Djatmiko menambahkan, perubahan arus lalu-lintas menjadi hanya satu arah itu menjadi bagian rencana Pemkab Kudus mengurangi kesemerawutan arus kendaraan di ruas jalan itu. Selama ini arus kendaraan baik kendaraan umum, pribadi, maupun ojek wisata banyak dikeluhkan masyarakat.

“Dengan rekayasa ini kami harapkan arus lalu-lintas di sini lebih tertata,” katanya.

Buka Wajah

Pemkab Kudus menggelontorkan anggaran sebesar Rp 671 juta lebih untuk merevitalisasi Taman Menara. Revitalisasi itu dilakukan untuk membuka lagi wajah kawasan Menara Kudus.

Salah satunya keberadaan Masjid Madureksan yang sebelumnya tertutup bangunan Taman Menara Kudus.

Kawasan itu, kata Djatmiko, nantinya juga bisa digunakan untuk pertunjukan kesenian. Kegiatan revitalisasi itu masih mempertahankan pohon beringin tua di bagian tengah. Selebihnya, bangunan yang ada di kawasan itu dibongkar.

Sementara di bagian barat Taman Menara saat ini masih digunakan untuk parkir ojek wisata Menara Kudus.

“Perkembangan proyek penataan taman ini sudah mencapai 60-an persen. Targetnya nanti rampung pada tanggal 25 Desember,” katanya. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts