spot_imgspot_img

Ratusan Warga Antusias Belajar Mengolah Bandeng Tanpa Duri

REMBANG, suaramuria.com – Ratusan warga yang tinggal di wilayah pesisir Kabupaten Rembang berlatih membuat bandeng cabut duri di kawasan situs perahu kuno Desa Punjulharjo, Minggu (1/10/2023). Kegiatan itu sebagai upaya peningkatan kapasitas pelaku usaha pengolah hasil perikanan.

Para peserta belajar mulai dari cara membelah ikan bandeng harus di atas tulang sampai cara mencabut duri pakai pinset oleh narasumber Ana Guntur pelaku UMKM olahan bandeng. Yang perlu diperhatikan peserta jumlah duri pada bandeng yang harus dicabut semua, yakni 82 duri.

Kabid Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing Dinlutkan, Nurida Adante Islami, mengatakan dengan pelatihan peserta bisa mengetahui cara dan mempraktekkan cara mengolah bandeng tanpa duri.

Potensi perikanan budidaya seperti ikan bandeng di Rembang cukup banyak. Sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ratusan Warga Antusias Belajar Mengolah Bandeng Tanpa Duri
Ratusan Warga Antusias Belajar Mengolah Bandeng Tanpa Duri

Di sisi lain Dinas Perikanan dan Kelautan mendapatkan misi terkait penanggulangan kemiskinan dan penurunan angka stunting. Oleh karena itu sasaran pelatihan adalah dari kalangan ibu- ibu dirasa tepat, karena mereka sebagai manajer menu di dapur bagi keluarganya sekaligus sebagai peluang usaha.

Kami punya pelaku usaha di Rembang cuma 1, permintaannya luar biasa, belum bisa mencukupi. Jadi minimal bisa buat bandeng cabut duri untuk disajikan keluarga atau untuk peluang usaha, ” terangnya.

Salah satu peserta dari Kelurahan Pacar, Ani Indriyani mengungkapkan cukup sulit mencabuti duri bandeng yang memiliki banyak duri. Membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar benar- benar bersih dari duri. “Baru pertama kali sih mas. Sulit butuh kesabaran dan ketelitian, ” tuturnya.

Muntohid anggota DPRD Rembang mendukung pemberdayaan masyarakat termasuk mengoptimalkan potensi perikanan di Rembang. “Kami akan mendukung upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tidak hanya ini, tapi lain waktu juga bisa bersama Dinas lainnya, “pungkasnya. ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts