spot_imgspot_img

Razia Malam Ramadan, Petugas Temukan Miras hingga Pekerja di Bawah Umur

Petugas gabungan yang terdiri Satpol PP, TNI dan Polri menyisir ke beberapa warung kopi  dan kafe karaoke, Jum’at ( 25/3/2023) malam. Dalam razia Ramadan tersebut, petugas menyita puluhan botol minuman keras dan satu pekerja di bawah umur dibawa ke kantor Satpol PP.

Bertolak dari halaman kantor Bupati Rembang petugas gabungan langsung menuju ke arah barat, tepatnya sepanjang perempatan pentungan sampai sebelum gapura selamat datang Rembang turut desa Banyudono Kecamatan Kaliori sekira pukul 22.00 WIB. Di dua kafe karaoke dicek tutup, sedangkan satu warkop yang ada di  dalam area SPBU masih buka dan memberikan peringatan. Petugas juga meminta segera tutup sembari menginformasikan kembali aturan jam operasional selama bulan Ramadan. Karena dalam Instruksi Bupati diperbolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB.

Usai dari wilayah barat Kecamatan Rembang kota, petugas menyisir warkop berfasilitas karaoke di jalan dr. Wahidin dan komplek pertokoan stasiun. Dari dua titik ini tak ada temuan pelanggaran.

Titik ketiga yang menjadi sasaran yakni di jalan lingkar menuju Desa Ketanggi menuju Waru. Setelah penelusuran cukup lama, petugas menemukan dan menyita puluhan botol miras.

Tak berhenti di sana, tim juga menuju ke selatan Kecamatan Kaliori. Di Desa Sendangagung, petugas juga menemukan miras dan satu pekerja warkop di bawah umur.

Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Rembang, Eko Prasetyo Widjanarko di sela- sela operasi mengatakan razia ini merupakan penegakkan Perda Nomor 2 tahun 2019 tentang Ketertiban Umum dan pelaksanaan Instruksi Bupati Rembang Nomor : 300/1055/2023 tentang Pengaturan Kegiatan Operasional Usaha Pariwisata dan Jenis Usaha Lainnya pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Rembang.

Mereka melakukan pengawasan atas aturan tersebut untuk memastikan apakah ada cafe karaoke yang dalam aturan tidak boleh buka (harus tutup H -2 sampai H+10 1 syawal-red) tetap membandel. Operasi gabungan ini juga menyasar warkop yang berfasilitas karaoke.

Penemuan Miras

Eko menambahkan di warkop berfasilitas karaoke di wilayah Jeruk desa Sendangagung Kaliori yang belum tutup dan petugas menemukan miras. Selain menyita miras, petugas mengamankan satu pekerja perempuan di bawah umur.

Di sana kita juga temukan pekerja di bawah umur. Karena saat kita minta untuk memperlihatkan dokumen atau KTP dia tidak bisa. Saat kami tanya terus akhirnya mengaku masih berusia 15 tahun. Kemudian kami bawa ke kantor Satpol PP untuk pendataan dan diberikan pembinaan serta kita kembalikan ke orang tuanya, ” ungkapnya.

Temuan pelanggaran dalam Ramadan ini, mereka  akan diberikan sanksi administratif hingga denda sesuai Perbup Nomor 33 tahun 2021. Jika berulang kali melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi tindak pidana ringan (Tipiring). ()

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts