spot_imgspot_img

Salurkan Bantuan Korban Banjir Harus Lapor BPBD, Bupati : Biar Tepat Sasaran

KUDUS,suaramuria.com – Kawasan terdampak banjir di Kabupaten Kudus terus meluas ke 22 desa. Bupati Kudus Hartopo mengajak swasta untuk turut andil menyalurkan donasi dan bantuan kepada korban banjir. Hanya saja, penyaluran bantuan korban banjir perlu dilaporkan ke BPBD Kudus.

Bantuan dari berbagai pihak itu perlu diinventarisasi oleh BPBD Kudus. Sehingga logistik dan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

BPBD diminta amanah dalam menjalankan tugas. Data yang diberikan harus transparan dan akuntabel.

BACA JUGA : Gedung DPRD Kudus Dibuka Untuk Pengungsi Banjir

“Kalau perusahaan atau pihak lain ingin  langsung memberikan bantuan ke kecamatan atau warga secara langsung silakan saja. Asalkan laporan ke BPBD biar tercatat. BPBD juga harus menyajikan data transparan dan akuntabel,” katanya.

Bupati menjelaskan kebutuhan mendesak pengungsi adalah sembako.

Hartopo menguraikan bahan pangan dibutuhkan untuk konsumsi ribuan warga. Tak hanya pengungsi, bupati menekankan konsumsi relawan, petugas gabungan dari TNI dan Polri yang membantu menangani bencana juga perlu dipikirkan.

“Kebutuhan paling mendesak yang harus segera dipenuhi adalah sembako. Sebab bantuan itu vital untuk konsumsi 3 kali sehari,” ucapnya.

Kepada perusahaan di Kudus, Pihaknya meminta agar karyawan terdampak bencana mendapat dispensasi dalam bekerja. Pasalnya, mereka yang terdampak masih belum pulih secara psikis dan materi.

“Kalau bisa, karyawan yang terdampak juga harus mendapat dispensasi biar kondisinya stabil dulu, nggih,” pintanya.

Rakor dihadiri oleh Dandim 0722/Kudus Letkol Inf. Andreas Yudhi Wibowo, perwakilan Forkopimda, camat, instansi terkait, dan berbagai perwakilan perusahaan.

Perwakilan PT Sukun menyampaikan telah mendistribusikan bantuan berupa makan 3 kali sehari untuk tujuh hari ke depan. Kemungkinan, bantuan itu akan diperpanjang hingga kondisi pulih dan pengungsi kembali ke rumah masing-masing.

“Kami berkoordinasi dengan Camat Jati dalam menyerahkan bantuan. Memang yang perlu ditingkatkan adalah komunikasi dan koordinasi dalam distribusi bantuan,” katanya.  (srm)

 

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts