spot_imgspot_img

Sering Memicu Banjir, Fungsi Sungai Perlu Dikembalikan

KUDUS,suaramuria.com – Optimalisasi fungsi sungai perlu dikembalikan menyusul kembali meningkatnya intensitas hujan di Kabupaten Kudus. Hujan deras beberapa hari terakhir memicu jebolnya tanggul di Desa Golantepus dan Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, penanganan darurat telah dilakukan untuk menambah talut sungai yang jebol. Hanya saja, langkah darurat itu perlu diimbangi untuk optimalisasi kembali fungsi sungai.

“Yang jebol tidak banyak, tapi imbas dari jebolnya talud ini mengakibatkan limpasan air yang menggerus dinding talud yang lain. Akhirnya jebol lagi di tempat lain dan meluas,” ucap Hartopo.

BACA JUGA : Kudus Diguyur Hujan Deras, Picu Banjir, Tanggul Jebol, hingga Rumah Warga Roboh

Menurutnya, limpasan air yang terjadi akibat erosi yang ada di Hulu (pegunungan) karena terdapat kerusakan alam serta penumpukan sampah di daerah hilir (sungai jeratun), sehingga berdampak pada sedimentasi sungai.

“Erosi dan penumpukan sampah yang mengakibatkan sedimentasi sungai, sehingga air hujan tidak bisa langsung mengalir dan mengakibatkan limpasan,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk mengembalikan fungsi sungai, Pemkab Kudus terus menjalin kerjasama dengan BBWS dengan cara normalisasi sungai, perbaikan tanggul, dan pengelolaan sampah yang ada di sungai sehingga aliran air sungai dapat kembali normal. Anggaran pemeliharaan sungai pun telah disiapkan secara maksimal.

“Kami dengan BBWS dan swadaya masyarakat akan bekerjasama untuk menangani ini. Mulai normalisasi, sampai pembersihan sampah. Anggaran sudah disiapkan maksimal, begitu ada kejadian langsung ditangani dan diperbaiki,” katanya.

Ia berharap sinergitas antara pemerintah daerah dengan pihak BBWS terus terjalin secara baik sehingga dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi secara intens.

“Semoga sinergitas antara Pemkab Kudus dengan BBWS dapat selalu terjalin baik, sehingga koordinasi dan komunikasi dapat selalu intens,” katanya.

Hartopo juga mengimbau bagi seluruh masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat meminimalisir bencana alam yang terjadi. (srm)

 

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts