spot_imgspot_img

Tanggul Kaliombo Jebol, Jalur Juwana – Rembang Terganggu

PATI, suaramuria.com – Tanggul Kaliombo di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati kembali jebol akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu.

Dampaknya, banjir bandang tak hanya menerjang pemukiman warga namun juga jalur Pantura Juwana – Rembang.

Kondisi genangan air bahkan masih terlihat hingga Sabtu (17/1) pagi. Hal itu membuat laju kendaraan tampak harus ekstra hati-hati saat melintasinya. Hal itulah yang membuat ketersendatan arus.

BACA JUGA : Lagi, Jalan Prawoto – Pakem Ambles Diterjang Banjir Bandang

Rohmat Budi Astono salah seorang warga mengatakan, banjir datang pada Jumat (16/12) sekitar pukul 23.30. Banjir diakibatkan jebolnya tanggul Kaliombo, akibat tingginya curah hujan dari lereng pegunungan Kendeng.

“Banjir ini adalah banjir kedua tahun ini, dan merupakan banjir terparah. Akibat banjir ini, jalur pantura padat merayap,”ujarnya.

Apalagi ketinggian air sampai mencapai 30 sentimeter. Kendaraan kecil khususnya sepedamotor bahkan tampak waswas saat mau melintas. Beberapa diantaranya memilih untuk dituntun.

Kondisi di pemukiman Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan justru lebih parah. Jalan desa tercatat ketinggian airnya mencapai satu meter. Tak ayal warga menjadi kesulitan saat beraktivitas.

“Suasana mencekam terjadi Jumat (16/12) malam karena air terus bertambah tinggi. Rumah warga sudah pada terendam. Lansia banyak diungsikan ke lantai dua rumah atau tempat lain yang lebih aman,” kata Hasanudin, warga Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan.

Dikatakannya, banjir itu akibat dua tanggul yang jebol. Selain desanya, desa Klayusiwalan, Kecamatan Batangan juga terendam banjir.

“Hingga saat ini belum ada tanda -tanda surut. Karena debit sungai masih tinggi dan ada dua tanggul yang jebol,” terangnya.

Ratusan rumah warga terdampak dengan ketinggian air antara 80 sampai saru meter. Selain merendam permukiman warga, banjir juga merendam fasilitas umum, seperti sekolah dan masjid.

“ketinggian banjir terus bertambah. Ini diakibatkan tanggul yang jebol belum bisa diperbaiki,” katanya. (srm)

Get in Touch

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

18,580FansSuka
3,027PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan

Latest Posts